Target Dua Kursi di Senayan, Gerindra Gaet Mantan Kada Dari Dapil Sulsel 3

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Partai Gerindra Sulawesi Selatan bertekad menang pemilu legislatif 2024 baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat (Senayan), serta mendudukkan lebih banyak kader sebagai kepala daerah. Khusus untuk Pileg DPR RI di Dapil Sulsel 3, Partai Gerindra bertekad menambah perwakilannya di Senayan.

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras dihubungi Palopo Pos, Senin 10 Oktober 2022 mengungkapkan, Partai Gerindra bertekad menambah perolehan kursi dua kali lipat dari saat ini. Soal nama-nama calegnya itu masih dirahasikan. "Masih rahasia itu dinda," sebut AIA, tagline dari Ketua Gerindra Sulsel ini.

Diketahui, kalau perwakilan Partai Gerindra di Senayan dari Dapil Sulsel 3 baru 1 kursi, yaitu mantan Bupati Enrekang, La Tinro Latunrung. Untuk itu, Pileg 2024 mendatang, target bisa mendudukkan 2 kader ke Senayan. Untuk mencapai target itu, saat ini Partai Gerindra Sulsel terus bergerak menyusun komposisi daftar caleg yang akan disetor ke KPU nantinya.

Masih dikatakan AIA, beberapa nama yang akan maju DPR RI ke Senayan, ada dari kepala daerah aktif saat ini, yang selesai masa jabatannya 2023. "Yang jelas Pak Latinro masih akan maju. Beliau juga mantan kepala daerah. Dan masih ada lagi kepala daerah yang habis masa jabatannya 2023 akan bergabung," pungkasnya.

Beberapa nama yang disebut-sebut akan maju Caleg DPR RI dari Partai Gerindra yang dihimpun Palopo Pos, di antaranya, mulai dari pengusaha ada nama Capt Andi Unru Baso Suli.
Sebagai putra daerah, Wija To Luwu, Andi Unru Baso Suli, diprediksi bakal melenggang mulus ke DPR-RI.

Dengan mengendarai Partai Gerindra, Andi Unru Baso Suli, saat ini terus menuai dukungan ril dari masyarakat. Pendukungnya tak hanya dari kalangan milenial, tetapi juga berdatangan dari tokoh masyarakat berpengaruh, tokoh wanita, hingga tokoh pemuda di Luwu Raya siap bersatu memenangkan dirinya. Dengan visi dan misi Andi Unru Baso Suli yang ingin membangun kampung halamannya melalui peran dan fungsi di DPR-RI.

Lalu, ada nama mantan anggota DPR RI, Hj Felicitas Tallulembang. Dengan bekal pengalaman duduk di Senayan selama 2 tahun, sosok Hj Felicitas sudah paham tentang tupoksi dan cara memperjuangkan anggaran bagi warga di dapil.

Selain itu, tokoh perempuan Toraja yang juga ibu dari Bupati Sinjai, Andi Seto ini masih punya basis massa yang ril di Dapil Sulsel 3. Selama, menjabat Anggota DPR RI masa periode 2014-2019, lalu, banyak bantuan yang disalurkan untuk masyarakat di Dapil Sulsel 3. Seperti di Kota Palopo, sejumlah kelompok tani mendapat bantuan alsintan serta bibit tanaman.

Selain itu, beberapa program aspirasi juga berhasil digolkan untuk masyarakat Tana Luwu dan Toraja.
Pada Pileg 2019 lalu, dr Hj Felicitas mendapat mendukung suara rakyat cukup besar yakni 45.540. Berada di urutan kedua dari La Tinro Latunrung yang mendapat suara 51.187.
Figur lainnya yang disebut-sebut akan mengisi adalah Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang.

Ketokohan Basmin di Kabupaten Luwu tak perlu diragukan. Menjabat sebagai Bupati Luwu 2 periode, tentunya punya basis massa yang kuat.
Selain itu, ada juga nama Ketua Bapilu Gerindra Luwu Raya yang juga Tenaga Ahli TGUPP Pemprov Sulsel, Bahrianto Bachtiar. Sosok Kak Anto sapaannya, sangat matang di pelbagai organisasi dan dunia politik.
Khusus Dapil Sulsel 3 memiliki jatah 7 kursi wakil ke Senayan.

Sebagai informasi pada Pileg 2019 lalu, beberapa nama caleg Partai Gerindra yaitu, Hj Felicitas Tallulembang, Arsyad Kasmar, La Tinro Latunrung, mantan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Andi Tenri Karta (istri mantan Bupati Luwu Andi Mudzakkar), Jumriati, dan Idham Khalid.
Saat ini, Gerinda Sulsel memiliki beberapa kader yang menjabat kepala daerah. Selain Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, Bupati Bulukumba, Andi Muhtar Ali Yusuf, dan Bupati Sidrap, Dollah Mando.

Terbaru bergabung tiga wakil bupati masing-masing Wakil Bupati Toraja, dr Zadrak Tombeg, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V Palimbong, dan Wakil Bupati Barru.(idr)

Figur Disebut Bacaleg DPR RI Partai Gerindra Dapil Sulsel 3

  • La Tinro Latunrung (Anggota DPR RI Periode 2019-2024)
  • Capt Andi Unru Baso (pengusaha kapal)
  • dr Hj Felicitas Tallulembang (Anggota DPR RI Periode 2014-2019)
  • Dr H Basmin Mattayang (Bupati Luwu hingga 2023)
  • Bahrianto Bachtiar (TA TGUPP Pemprov Sulsel)
  • Bagikan