Ini 4 Khasiat Air Rebusan Daun Binahong, Wow, Amazing!

  • Bagikan
Daun Binahong. Foto : Ricardo/JPNN.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ada berbagai herbal yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu yang cukup populer ialah daun binahong.

Banyak orang suka mengonsumsi herbal yang satu ini dalam bentuk air rebusan daun binahong.

Selain itu, daun binahong telah diolah ke dalam berbagai produk, seperti suplemen hingga teh herbal.

Lalu apa saja manfaat kesehatan yang didapatkan dari daun ajaib ini? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Ampuh Tangkal Sel Kanker

Kanker cenderung menjadi salah satu penyakit paling mengerikan karena sifatnya yang berbeda. Ini terjadi karena proses alami yang dikenal sebagai stres oksidatif.

Tekanan ini mengarah pada produksi radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikannya sel kanker.

Daun binahong adalah sumber kaya antioksidan pigmen karotenoid esensial seperti betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas berbahaya.
Vitamin A yang terkandung dalam binahong juga memberi manfaat pencegahan kanker.

  1. Cegah penuaan dini

Penuaan adalah efek samping lain karena stres oksidatif. Penuaan adalah proses alami, tetapi radikal bebas bisa memperburuknya.

Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit keriput dan rusak. Antioksidan seperti betakaroten, zeaxanthin, lutein, vitamin A dan vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Karena daun binahong merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang melimpah, herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

  1. Melindungi dan Memelihara Mata

Efek berbahaya dari radikal bebas ada pada tingkat sel. Radikal bebas ini merusak setiap sel di jalannya.

Radikal bebas bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak atau kehilangan penglihatan mata. Antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Bersama dengan vitamin A daun binahong bisa sangat penting untuk penglihatan yang baik.

Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya, tetapi batangnya adalah sumber vitamin A.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan kaya antioksidan dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung yang optimal. Karena perubahan makanan, seseorang bisa kekurangan banyak nutrisi penting yang diperlukan untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.
Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung dan bahkan kerusakan arteri dan saraf dari radikal bebas. Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung. (genpi/jpnn/pp)

  • Bagikan