Pelajar di Lokasi TMMD ke-115 Tana Toraja Diberi Penyuluhan Bela Negara Sejak Dini

  • Bagikan

Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Candra memberikan penyuluhan bela negara kepada ratusan siswa-siswi SMPN 2 Satap Makale Selatan di Lembang (Desa) Bo’ne Buntu Sisong Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja, Kamis (27/10/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Personel TNI Kodim 1414 Tana Toraja bukan hanya saja melakukan kegiatan fisik yakni pembangunan infrastruktur, tapi juga melaksanakan giat non fisik.

Giat tersebut yakni penyuluhan bela negara kepada ratusan siswa-siswi SMPN 2 Satap Makale Selatan di Lembang (Desa) Bo’ne Buntu Sisong Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (27/10/2022).

Diketahui Lembang (Desa) Bo’ne Buntu Sisong menjadi pelosok Tana Toraja yang terpilih menjadi lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 oleh Kodim 1414 Tana Toraja.

Para pelajar antusias mengikuti penyuluhan bela negara yang dibawakan langsung oleh Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Candra.

“Penyuluhan bela negara adalah bagian terpenting dalam pelaksanaan TMMD yang digelar tahun ini di Lembang Bo’ne Buntu Sisong,” ujarnya.

Lanjut Candra, kegiatan dari program TMMD ke- 115 bukan saja pada bidang fisik pembangunan rabat jalan beton, tapi juga bidang non fisik yang disisipkan.

“Karena generasi muda sejak dini harus ditanamkan jiwa nasionalisme dalam membentuk anak yang tangguh,” pungkasnya.

Selain penyuluhan bela negara, juga sejumlah sosialisasi digelar seperti pengenalan aturan berlalu lintas kepada pelajar dan masyarakat di lokasi TMMD ke-115 dari Satuan Lalu Lintas Polres Tana Toraja.

Selanjutnya sosialisasi larangan dan bahaya menggunakan narkotika dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja, serta sosialisasi Stunting dari pihak Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Penyuluhan kesehatan Ibu dan Anak dari Dinas Kesehatan Pemkab Tana Toraja serta sejumlah penyuluhan dari Kodim 1414 Tana Toraja.

Terkait pembangunan rabat jalan beton sepanjang 600 meter dikerjakan oleh prajurit TNI dan bergotong royong dengan masyarakat setempat, yang pengerjaannya hingga Rabu (26/10/2022) sudah 50 persen.

Rabat jalan beton diupayakan selesai sebelum penutupan TMMD ke-115 pada 9 November 2022 mendatang. (risna)

  • Bagikan