Waspada Bestie! Ini 5 Makanan Lezat yang Bisa Buat Asam Lambung Kumat

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ini perhatian kepada yang sering terserang asam lambung. Jangan makan atau minum sembarangan. Karena, bisa-bisa kambuh!

Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang amat menjengkelkan. Sebab saat asam lambung kumat, Anda pasti akan sangat kesakitan. Asam lambung ini ditandai dengan rasa terbakar pada dada, mual, kembung, dan perasaan ingin muntah.

Asam lambung jika sering meningkat drastis bisa mengakibatkan Anda terserang penyakit mag. Dalam kasus yang parah, Anda bahkan bisa terserang penyakit GERD.

Asam lambung yang meningkat drastis ini biasanya diakibatkan karena seseorang sering melewatkan makan, mengonsumsi makanan manis dan asam, dan stres berlebihan.

Sakit mag bisa disembuhkan jika mendapat perhatian segera. Sakit mag biasanya diatasi dalam bentuk obat-obatan, pengaturan gaya hidup dan mengeetahui pantangan makanan yang bisa dikonsumsi. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

  1. Bumbu dan Makanan Pedas

Makanan pedas mengiritasi lapisan perut dan memperluas area yang sakit. Makanan pedas juga diketahui memperburuk gejala mag dalam beberapa kasus.

  1. Kopi

Kopi sebenarnya tidak menyebabkan mag, tetapi mengiritasi. Kafein yang ada dalam kopi mengikis area yang sudah sakit (mag) membuatnya lebih buruk. Jika tujuannya adalah untuk menyembuhkan mag, yang terbaik adalah menjauhi kopi atau mengurangi mengonsumsinya seminimal mungkin.

  1. Alkohol

Seorang penderita mag sebaiknya menghindari minuman beralkohol secara keseluruhan. Asupan alkohol meningkatkan kadar asam lambung dan membuat mag memburuk dan penyembuhan hampir tidak mungkin.

  1. Daging Merah

Penderita maag (terutama lambung) harus menjauhi daging merah. Daging merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membuat kadar asam di perut meningkat yang mengiritasi area tersebut dan memperburuk gejalanya. Ini bisa diganti dengan ayam, kalkun, dan protein tanpa lemak lainnya.

  1. Makanan Olahan

Pasta, gula roti putih, dan lebih banyak makanan olahan harus diganti dengan sayuran berdaun hijau dan sayuran, buah-buahan yang mengandung antioksidan dengan banyak air. (jpnn/pp)

  • Bagikan