Mengaku Dipaksa Luluskan Mahasiswa S3 tak Pernah Kuliah, 7 Profesor Unhas Undur Diri

  • Bagikan
  • Sebagai Dosen Program Doktor FEB Unhas

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR -- Tujuh guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Makassar, kompak mundur dan tidak mau mengajar program doktor atau S3 Ilmu Manajemen.
Tujuh profesor UNHAS yang mengundurkan diri itu masing-masing, Prof Muhammad Idrus Taba, Prof Idayanti Nusyamsi, Prof Cevi Pahlevi, Prof Haris Maupa, Prof Muhammad Asdar, dan Prof Mahlia Muis dan Prof Siti Haerani.
Dalam surat pengunduran diri yang viral di media sosial, Prof Haerani mengaku mendapat tekanan dari Dekan FEB Unhas.
Haerani mengaku dipaksa meluluskan seorang mahasiswa program doktor. Padahal, mahasiswa tersebut tidak pernah mengikuti proses perkuliahan.
"Adanya intervensi dekan dalam pemberian nilai mahasiswa mata kuliah yang saya ampu pada program S3. Dimana saya diminta untuk meluluskan mahasiswa yang sama sekali tidak memenuhi syarat untuk diluluskan. Nol kehadiran padahal perkuliahan dilakukan secara online, tidak ada tugas, tidak ikut ujian, tidak ada komunikasi dengan dosen, baik melalui chat WhatsApp pribadi maupun grup. Untuk menyampaikan alasan ketidakhadirannya pada perkuliahan. Hingga keluarnya nilai di akhir semester, justru yang sibuk mencarikan alasan yang tak masuk akal dan mengada-ada adalah Dekan FEB sendiri," tulis Haerani dalam surat yang ditulis pada 28 Oktober 2022, dikutip dari SuaraSumsel.id.
Terpisah, Wakil Rektor I Unhas Prof M Ruslin membenarkan hal tersebut. "Itu masalah internal di Fakultas Ekonomi. Jadi itu guru besar di Fakultas Ekonomi Unhas," ujar Ruslin, Rabu (2/11/2022).
Ruslin mengatakan persoalan tersebut kini menjadi perhatian pihak universitas. Saat ini, kata dia, ketujuh dosen yang mengundurkan diri ditangani langsung oleh Rektorat Unhas. "Ini sementara kita ambil alih di tingkat universitas untuk diselesaikan," ungkapnya.
Lebih lanjut Ruslin mengatakan ketujuh guru besar tersebut mengundurkan diri dari Program Studi (Prodi) S3 Manajemen.
"Sebenarnya dia hanya mengundurkan diri untuk mengajar di S3. Bukan berhenti jadi dosen. Jadi mereka mengundurkan diri untuk mengajar di S3," tegasnya.(int/idr)

Adapun 7 Guru Besar FE Undurkan Diri

Prof Muhammad Idrus Taba, SE., M.Si
Prof Dr Idayanti Nusyamsi, SE, MSi
Prof Dr Siti Haerani, SE, MSi
Prof Dr Cevi Pahlevi, SE, MSi
Prof Dr Haris Maupa, SE, MSi
Prof Dr Muhammad Asdar, SE, MSi
Prof Dr Mahlia Muis, SE, MSi, CIPM

  • Bagikan