Sarasehan Kewilayahan Ekonomi Luwu Raya akan Digelar di Palopo Akhir November

  • Bagikan

Nampak Ketua Panitia Afrianto bersama Ketua Forum Pemred H Suwardi Tahir dan Direktur PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Husain Rasyid. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Luwu Raya yang sangat potensial sumber daya alamnya akan dibedah lewat sarasehan dengan tajuk Kewilayahan Ekonomi Luwu Raya.

Ini dilakukan untuk memberikan pertimbangan ekonomi dalam melakukan perencanaan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Dalam sarasehan tersebut, akan  membahas permasalahan ekonomi kewilayahan dan pengaruh pengembangan kawasan strategis terhadap pertumbuhan ekonomi dan daya saing kawasan, serta strategi pengembangan ekonomi wilayah dalam mengurangi disparitas daerah. 

Selain itu juga akan membahas soal kemiskinan ekstrim di daerah Tana Luwu seperti Luwu Utara dan Luwu.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Afrianto saat bertemu dengan Ketua Forum Pemred H Suwardi Tahir dan Direktur PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Husain Rasyid di Redaksi Palopo Pos, Rabu, 2 November 2022, kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Beberapa yang dilibatkan di sini adalah Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, termasuk akademisi dan ekonom.

Sementara itu, Ketua Forum Pemred, H Suwardi Tahir  mengusulkan juga salah seorang guru besar Unhas, Prof Marzuki Dea salah satu narasumber.

Yang harus dibahas juga, soal kemiskinan ekstrim yang terjadi di wilayah dengan sumber daya alam (SDA) yang luar biasa, Kabupaten Luwu Utara dan Luwu.

''Ini juga bagus dibedah apa masalahnya dan bagaimana jalan keluarnya,'' katanya.

Kegiatan ini sendiri, rencana akan dilaksanakan selama dua hari.
Output dari kegiatan tersebut akan didorong ke Pemprov sebagai bahan pertimbangan yang selanjutnya akan menjadi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). (uce)

  • Bagikan