SBj, Tryono, Abdul Fattah, dan John Diplomasi Hampir Pasti Aklamasi, Palopo Ketat

  • Bagikan
  • Jelang Muscab Demokrat se-Sulsel

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 38 kader Partai Demokrat telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di 24 Kabupaten/Kota pada Musyawarah Cabang (Muscab) serentak 3-5 November saat ini.

Ketua BPOKK-DA Partai Demokrat Sulsel, Aslan menerima menerima berkas pendaftaran.
Setelah itu, Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat akan verifikasi.
“Berkas para bakal calon ketua DPC diperiksa apakah telah memenuhi syarat dan ketentuan atau tidak. Termasuk kepesertaan dan dukungan, misalnya ada yang dukungan ganda,” katanya.

Sekretaris BPOKK-DA Demokrat Sulsel, Wahyuddin Sahruddin menerima langsung berkas mantan Ketua DPD Provinsi Sulawesi Selatan.
Sebanyak 14 calon ketua DPC hampir pasti aklamasi mereka yakni Marthen Rante Tondok (Toraja Utara), Hairul P. Kulle (Enrekang), Tryono Kusnan (Luwu Utara), Abdul Fattah (Luwu Timur), Rustan Sello (Bone), John Diplomasi (Tana Toraja), Syukur Bijak (Luwu), Andi Mahmud (Selayar), Andi Saenurdin (Wajo), Adi Rasyid Ali (Makassar), Mulyadi Mustamu (Jeneponto), Habibi (Sidrap), dan Heriwawan (Sinjai).

Panitia Daerah Muscab Serentak Demokat se-Sulsel, Wahyuddin mengatakan, berkas pendaftar nantinya akan diverifikasi langsung oleh Tim 5 yang terdiri dari Ketua Umum DPP, Sekretaris Jenderal DPP, Kepala BPO OKK DPP, Ketua DPD, dan Sekretaris DPD.

"Kalau hasil verifikasinya, dukungannya bersyarat, minimal 20 persen dari pemilik suara yang sah, dua-duanya (pendaftar) memenuhi syarat, maka berhak ke tahap berikutnya," kata Wahyu dilansir dari fajar.co.id, pada Kamis (27/10/2022).

Sedangkan, untuk pendaftar tunggal, Wahyu mengatakan, belum pasti akan terpilih sebagai Ketua DPC Demokrat. Pendaftar tunggal itu baru ditetapkan sebagai calon.
"Mereka akan mengikuti tahapan uji kelayakan. Setelah uji kelayakan, barulah Tim 5 yang menetapkan. Apakah dia ditetapkan sebagai ketua terpilih atau bagaimana," terang Wahyu.

Ramai Calon
Sementara itu, Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni’matullah mengungkapkan, banyaknya calon ketua DPC yang melakukan pendaftaran. Kata dia, hal itu merupakan fenomena yang bagus soal regenerasi di Demokrat.

“Karena kita di Sulsel ternyata regenerasi mulai bergerak. Jadi saya kita fenomena itu malah bagus. Persoalan terpilih atau tidak nanti diliat karena dia maju sebagai calon ketua DPC saja suda bagus. Ini menujukkan amunisi kader di Sulsel terjaga dan malah menunjukkan indikasi bagus,” katanya.(idr)

Pendaftar Calon Ketua DPC Demokrat di Sulsel:

Luwu : Syukur Bijak (petahana)
Luwu Utara : Tryono Kusnan
Luwu Timur : Abdul Fattah (petahana)
Toraja Utara : Marthen Rante Tondok
Tana Toraja : John Diplomasi
Palopo : Muhammad Dhevy Bijak dan Irvan Majid
Gowa : Rismawati Kadir Nyampa dan Zulkifli Tiro
Enrekang : Hairul P. Kulle
Parepare : Taqyuddin Jabbar dan Rahmat Sjamsu Alam (petahana)
Bulukumba : A. Murniati Makking (petahana), Sabri, dan A. Bazo Zulkarnain Jalal
Bone : Rustan Sello (petahana)
Soppeng : Candra dan Hairuddin Tahang (petahana)
Pinrang : Muhtadin dan Jaya Tahir
Takalar : Rusdi Marwah, Husniah Rachman, dan Sindawa Tarang
Maros : H. Muh. Yusri
Barru : A. Ardiatma dan A. Ridha Ade Irawan (Plt/petahana)
Selayar : Andi Mahmud (petahana)
Wajo : Andi Saenurdin
Sidrap : Habibi
Sinjai : Heriwawan
Makassar : Adi Rasyid Ali (petahana)
Pangkep : Hasdam dan Irwan Nursaid (Plt/petahana)
Jeneponto : Mulyadi Mustamu
Bantaeng : Herlina Aris dan Muslim Ansar

  • Sumber: BPOKK-DA Demokrat Sulsel

Muscab serentak 3-5 November 2022 di Hotel Claro Makassar

  • Bagikan