Petahana Vs Pendatang Baru, Partai NasDem di Dapil Sulsel 3

  • Bagikan

PALOPO -- Calon wakil rakyat di Senayan mulai melakukan deklarasi maju Pileg 2024. Ada yang lewat jumpa pers, ada yang lewat sebaran baliho dan spanduk. Salah satu partai yang "ramai" dipilih para calon adalah Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Di Dapil Sulsel 3, saat ini, mendudukkan dua anggota DPR RI dari NasDem. Yaitu mantan Bupati Sidrap Rusdi Masse yang juga Ketua DPW NasDem Sulsel, dan Eva Stevany Rataba, istri dari mantan Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang.

Namun, dua incumbent ini bakal kembali bersaing ketat dengan banyaknya nama-nama beken yang masuk daftar caleg.
Sebut saja, istri Bupati Luwu 2 periode, Dr Hj Hayarna Basmin, SH, M.Si. Lalu, ada nama Sekretaris NasDem Sulsel, Saharuddin Alrif, Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas, disebut-sebut juga mantan Bupati Luwu 2 periode Andi Mudzakkar, dan nama dr Ani Nurbani, istri dari Ketua NasDem Lutim yang juga mantan Calon Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam (IBAS).
Jika dilihat dari peta geopolitik, nama-nama di atas cukup populer di Dapil Sulsel 3.

Misalnya, Rusdi Masse dan Saharuddin Alrif sama-sama berasal dari Sidrap. Lalu, Eva Stevany Rataba populer di Toraja Utara dan Tana Toraja. Terus, Dr Hj Hayarna Basmin yang populer di Kabupaten Luwu, Farid Kasim Judas populer di Kota Palopo, dan Andi Mudzakkar juga populer di Kabupaten Luwu dan Palopo.

Sementara itu, politisi DPP NasDem yang juga mantan Anggota DPR RI, mantan Bupati Luwu Utara 2 periode yang kini menjabat Komisaris Independen Pelindo, Luthfy A Mutty menyatakan diri tidak akan maju lagi pada Pileg 2024. Opu LAM sapaannya kepada Palopo Pos beberapa waktu lalu, dengan tegas tidak akan maju caleg DPR RI. "Saya tidak maju lagi, lebih menikmati kesibukan saat ini," kata Opu LAM.

NasDem Target 3 Kursi
Sementara itu, Ketua Partai NasDem Sulsel, Rusdi Masse (RMS) saat berkunjung ke Kota Palopo bulan lalu, berharap dalam penyusunan komposisi caleg untuk 2024 mendatang ada keterwakilan dari Kota Palopo yang akan duduk di Senayan (DPR RI).

RMS berharap NasDem bisa mendudukkan satu lagi kader di DPR RI melalui partainya, sehingga mencukupkan 3 kursi perwakilan di DPR RI.
Sebagaimana diketahui, saat ini NasDem mendudukan dua wakil rakyat di Senayan untuk Dapil Sulsel 3. Yakni, Rusdi Masse dan Eva Stevany Rataba.
Hal itu disampaikan RMS, sapaan akrab mantan Bupati Sidrap tersebut saat orasi politik di pelantikan Lapangan Pancasila.

"Dalam penyusunan (Komposisi caleg) saya berharap ada warga Palopo yang jadi, jangan hanya saya yang mewakili Palopo di pusat, saya mau ada orang Palopo sendiri yang duduk di senayan," ungkap RMS di hadapan sekitar 2.000-an massa. Ia bahkan merinci, Dapil Sulsel 3 ini ada 7 kursi, 1 di antara harus merupakan orang Palopo.

Saat ini komposisi caleg untuk DPR RI, Partai Nasdem masih tertutup. Namun santer beredar kabar ada nama baru yang akan mengisi komposisi caleg partai Nasdem tersebut. Diketahui pada komposisi lalu, terdapat 7 nama yakni Rusdi Masse Mappasessu, Hayarna Hakim, dr Ani Nurbani, Eva Stevani Rataba, Andri Alimuddin dan Agustini. (idr)

  • Bagikan