Pendatang Baru Siap Salip Petahana ke SenayanDapil Sulsel 3 Ketat

  • Bagikan
ILUSTRASI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemilihan legislatif (Pileg) 2024 tersisa kurang lebih dua tahun lagi. Tepatnya 14 Februari 2024 mendatang. Namun sejumlah bakal calon legisltif (Bacaleg) sudah mulai bermunculan menebar pesona di masyarakat. Para pendatang baru ini pun sesumbar bisa menyalip petahana ke Senayan.

Salah satu daerah pemilihan (Dapil) yang terbilang kompetitif, yakni Dapil Sulsel 3 (Luwu Raya, Toraja, Enrekang, Sidrap, dan Pinrang).
Selain petahana, di dapil ini akan diisi mantan bupati, pengusaha, dan tokoh masyarakat berpengaruh di daerah masing-masing.

Petahana yang diprediksi akan kembali maju adalah Rusdi Masse (NasDem), Muhammad Dhevy Bijak (Demokrat), Eva Stevany Rataba (NasDem), La Tinro Latunrung (Gerindra), Muhammad Fauzi (Golkar). Lalu ada Sarce Bandaso Tandiasik (PDIP), dan Mitra Fachruddin (PAN).

Selain para incumbent, komposisi bacaleg juga diprediksi akan diisi nama-nama tenar. Sebut saja mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (NasDem), Andi Baso Unru (Gerindra) yang diketahui juragan kapal, mantan anggota DPR Felicitas Tallulembang (Gerindra), dan Bachrianto Bachtiar (TA TGUPP Pemprov Sulsel).

Lalu ada nama, Dewi Sartika Pasande yang merupakan CEO PT JAS Mulia (Demokrat). Adapun jagoan Golkar Dapil Sulsel III diantaranya Andi Fauziah Hatta, John Rende Mangontan, Lakama Wiyaka, Irpan, Ny Yohanis Bassang, Hasrul Rahman.

Penantang selanjutnya ada Hayarna Hakim dan Farid Kasim Judas dari Partai NasDem. Kemudian Darwis Ismail yang juga seorang pengusaha di Jakarta (PPP), H Haidir Basir (PPP), dan Jabbar Idris (PPP).
Di PKB ada nama Irwan Hamid, yang juga anggota DPRD Sulsel 2 periode dapil Luwu Raya.

Lalu, sejumlah kepala daerah saat ini yang sudah dua periode, juga berpeluang untuk maju ke Senayan.
Seperti Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang, Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, dan Bupati Lutra Hj Indah Putri Indriani, Bupati Enrekang Muslimin Bando.

Adapun Partai Gelora juga memasang jagoanya di Dapil Sulsel III. Seperti Jafar Sodding (Mantan Anggota DPRD Sulsel 2 periode), Amru Saher (Wakil Bupati Luwu 2013-2018), Abdullah Rahim (Anggota DPRD Lutra 2009-2014, Mantan Calon Wakil Bupati Lutra), Irwan (Anggota DPRD 2009-2019, Staf Khusus Gubernur Sulsel).

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) mengatakan, Partai Gerindra bertekad menang Pileg 2024 serta mendudukkan lebih banyak kader sebagai kepala daerah.

"Khusus untuk Pileg DPR RI di Dapil III, Gerindra bertekad menambah perwakilannya di Senayan pada 2024," ujarnya, Ahad (13/11/2022).

Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu mengungkapkan, Partai Gerindra Sulsel bertekad menambah perolehan kursi dua kali lipat dari saat ini.
"Soal nama-nama calegnya itu masih relatif, akan berubah kapan saja sebelum penetapan DCS atau DCT. Tapi kan sebagian sudah beredar di masyarakat," jelasnya.

Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse Mappasessu (RMS) memasang target tinggi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Senayan mendatang. Kuncinya menjadi dua kali lipat.
"Target tinggi itu setelah kami melihat kinerja kader menuju Pemilu 2024. Seperti berdasarkan hasil survei, Dapil Sulsel III sisa 3,2 persen bisa menjadi dua kursi," jelasnya.

Politisi kelahiran Sidrap itu, menegaskan di Sulsel, enam kursi DPR RI sudah pasti ia peroleh. Namun tidak menutup kemungkinan bisa menjadi tujuh kursi untuk Dapil I, II dan III. "Artinya mudah-mudahan kedepan, kita dapat seperti sekarang. Menambah kursi setiap dapil," tegasnya. (rul/idr)

Caleg Petahana

Rusdi Masse (NasDem)
Muhammad Dhevy Bijak (Demokrat)
Eva Stevany Rataba (NasDem)
La Tinro Latunrung (Gerindra)
Muhammad Fauzi (Golkar)
Sarce Bandaso Tandiasik (PDIP)
Mitra Fachruddin (PAN)

Penantang
Mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (NasDem)
Andi Baso Unru (Gerindra)
Felicitas Tallulembang (Gerindra)
Bachrianto Bachtiar (Gerindra)
Dewi Sartika Pasande (Demokrat)
Andi Fauziah Hatta (Golkar)
John Rende Mangontan (Golkar)
Lakama Wiyaka (Golkar)
Irpan (Golkar)
Ny Yohanis Bassang (Golkar)
Hasrul Rahman (Golkar)
Hayarna Hakim (NasDem)
Farid Kasim (NasDem)
Darwis Ismail (PPP)
Haidir Basir (PPP)
Jabbar Idris (PPP)

Jagoan Partai Gelora

Jafar Sodding (Mantan Anggota DPRD Sulsel 2 periode)
Amru Saher (Wakil Bupati Luwu 2013-2018)
Abdullah Rahim (Anggota DPRD Lutra 2009-2014)
Irwan (Anggota DPRD 2009-2019)

  • Bagikan