Dan Pongtasik: Kongres GMKI Memberikan Semangat Bagi Mahasiswa Kristen

  • Bagikan

Dan Pongtasik,SH Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKALE-- Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Dan Pongtasik, SH dari fraksi PDI Perjuangan, hadiri pembukaan Kongres Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang XXXVII ,yang digelar di Ex Bandara Pongtiku Rantetayo Kabupaten Tana Toraja, Selasa, 22 November 2022.

Kongres GMKI mengambil Tema : Lihatlah, Kristus Menjadikan Semuanya Baru , dengan sub Tema Memperbaharui persaudaraan, meningkatkan kepedulian dan merengkuh mereka yang rapuh dalam upaya untuk menciptakan bumi (Indonesia) yang baru. Kongres GMKI digelar dari tanggal 22 hingga tanggal 30 November 2022.

Dan Pongtasik yang sekaligus senior GMKI usai Pembukaan Kongres GMKI mengatakan, Kongres GMKI yang ke-38 yang dilakukan di Toraja adalah Kongres yang ke 2 ,setelah tahun 1967 perna GMKI melakukan kongres disini dengan tema Lihatlah aku menjadikan semuanya baru.

Itulah kongres pertama pada zaman orde baru setelah pergolakan orde lama selesai masuk orde baru, Kongres pertama dilakukan itu di Toraja.

"Saya tidak tahu entah kebetulankah itu atau bagaimana. Kembali lagi GMKI melakukan kongres ke-38 di sini setelah sekian puluh tahun dan kembali lagi menggunakan tema yang sama lihatlah aku menjadikan semuanya menjadi baru. Dan kita harap bahwa kongres ini menjadi satu momentum yang bagus bagi kemajuan GMKI paling tidak diwilayah ini, di Wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara dan Sulawesi Barat," ungkap Dan Pongtasik.

Masih kata Dan Pongtasik, dengan adanya pelaksanaan kongres ini dapat memberikan semangat bagi mahasiswa Kristen untuk kembali berorganisasi di GMKI, seperti tahun -tahun sebelumnya, karena dulu itu hampir semua mahasiswa Kristen itu adalah Anggota GMKI ,karena juga secara filosofi pada hakekatnya semua mahasiswa Kristen itu adalah anggota GMKI kebetulan juga ada yang ikut Mapel ikut pembinaan pada jenjang-jenjang berikutnya dan ada yang tidak.

"Tapi pada dasarnya semua Mahasiswa Kristen itu adalah GMKI dan GMKI itu adalah Gerakan Kristen untuk dunia mahasiswa.Jadi GMKI ini adalah miliknya umat Kristen, bukan milik orang Kristen saja miliknya orang Kristen karena GMKI ini pada hakekatnya adalah gerakan Kristen untuk dunia mahasiswa. gerakannya Gereja -gereja untuk dunia mahasiswa, gerakannya umat Kristen untuk dunia mahasiswa. Jangan dikira GMKI untuk GMKI. GMKI itu milik orang GMKI. GMKI itu milik Gereja milik umat Kristen. Khususnya di Toraja dengan Kongres ini akan membawa membawa dampak positif bagi mahasiswa Kristen untuk ber GMKI, dan sekaligus juga bagi umat Kristen untuk melihat bahwa GMKI itu adalah gerakannya mereka umat Kristen di dunia mahasiswa," pungkas Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan 5 Periode ini.

Diketahui Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) adalah organisasi kemahasiswaan yang didirikan pada tanggal 9 Februari 1950. Namun Christelijke Studenten Vereeniging op Java (CSV) yang menjadi cikal bakal GMKI telah ada jauh sebelumnya dan berdiri sejak 28 Desember 1932 di Kaliurang,DI. Yogyakarta .(albert tinus)

  • Bagikan