Ini 5 Tips Makanan dan Minuman Cegah Serangan Tekanan Darah Tinggi

  • Bagikan
Ilustrasi Jus kubis. Foto: naturalfoodseries

PALOPOPOS.CO.ID, JAKARTA-- Darah tinggi selama ini menjadi momok. Banyak kejadian, tiba-tiba mereka stroke. Apa penyebab, dan bagaimana mengatasinya?

Tentu, setiap orang ingin kondisi tubuh mereka selalu sehat tanpa serangan berbagai penyakit. Namun, pola gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit, seperti tekanan darah tinggi.

Jika tidak segera ditangani, hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Agar kolesterol seimbang dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi), ada baiknya untuk menyiapkan makanan dan minuman pendamping yang sehat dan bergizi.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Jus Jeruk

Ahli menemukan bahwa minuman jus jeruk bisa memperbaiki lipid darah pada orang yang menderita kolesterol tinggi.

Hal ini disebabkan adanya vitamin C, folat dan flavanoid dalam jeruk. Selain itu, minuman yang terbuat dari buah sitrus macam lemon, jeruk dan lain sebagainya juga mengandung pectin. Nah, pectin ini bisa juga menurunkan kadar kolesterol sampai 7 persen.

  1. Pisang

Pisang mengandung 1 persen kalsium, 8 persen magnesium, dan 12 persen potasium.

Dengan zat-zat yang terkandung tersebut, pisang bisa juga digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Bukan cuma itu, pisang juga bisa menaikkan mood dan membuat hari kamu makin bahagia.

  1. Kubis

Makanan pelengkap lain yang sering ditemukan di samping sate atau gulai kambing adalah kubis. Kubis mentah biasanya dirajang dan disantap bersama sate berlemak dan gulai bersantan kental.

Kubis mengandung 9 persen kalsium, 6 persen magnesium, dan 9 persen potasium sebagai asupan rendah kalori yang berguna buat tubuh. Selain itu, kubis juga berfungsi sebagai makanan penurun darah tinggi.

  1. Ikan Salmon

Misalnya, ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel. Semua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

  1. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya mampu membilas timbunan lemak dalam tubuh. Teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 2 - 5 persen dan mengandung rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kolesterol tinggi jarang menimbulkan gejala atau tanda-tandanya, sehingga kamu perlu rutin memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan alat pengukur gula darah dan kolesterol.(jpnn/pp)

  • Bagikan