Jepang Vs Kosta Rika, Kuasai Permainan, Samurai Biru Telan Kekalahan Tipis 0-1

  • Bagikan
Pemain Kostarika saat merayakan golnya usai kalahkan Timnas Jepang, Minggu, 27 November 2022. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Upaya Timnas Jepang untuk memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, belum terwujud. Saat menjajal Kosta Rika di laga kedua Grup E , meski menguasai pertandingan, namun kalah tipis 0-1.

Duel Jepang vs Kosta Rika sendiri digelar di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Minggu (27/11/2022) petang Wita.

Pada babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0, meski Samurai Biru, mendominasi permainan. Kosta Rika justru mencetak gol pada menit ke-82 lewat Keysher Fuller.

Dengan hasil ini, Kosta Rika membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar, esmi pada partai perdana mereka dibantai Spanyol 7-0. Kosta Rika kini menempati peringkat ketiga Grup E dengan tiga poin, sama dengan Jepang yang ada di urutan kedua.

Sejak kick off, bentrok kedua tim berjalan ketat. Jepang dan Kosta Rika jual beli serangan. Hanya saja, tak banyak menciptakan peluang berbahaya.

Pada duel ini, Kosta Rika malah sempat beberapa kali mendapat tendangan bebas di dekat area pertahanan Jepang pada menit-menit awal. Namun, situasi itu tak cukup membahayakan gawang Jepang.

Begitu juga sebaliknya, beberapa kali serangan Jepang mampu menembus pertahanan Kosta Rika. Salah satunya umpan silang Doan dari sisi kanan yang bergulir di depan gawang, tapi tak ada pemain Jepang yang menyambutnya.

Kosta Rika pada akhirnya lebih mendominasi permainan. Kosta Rika mencatatkan tiga tembakan, tapi tak ada yang mengarah ke gawang. Begitu pula dengan dua tembakan Jepang.

Memasuki babak kedua, Jepang seolah ingin mengulang saat mengalahkan Jerman. Ia mencoba mengejutkan Kosta Rika dengan langsung menekan di awal babak kedua.
Hidemasa Morita mencoba melepaskan tembakan dari depan kotak penalti Kosta Rika usai menerima bola dari Takuma Asano. Sepakan Morita itu memaksa Keylor Navas melakukan penyelamatan.

Tim Samurai Biru terus melakukan penetrasi ke wilayah pertahanan Kosta Rika.Wataru Endo melepaskan tembakan tapi diblok Francisco Calvo. Serangan Jepang kemudian hanya menghasilkan sepak pojok.

Beberapa kali Jepang mendapat peluang namun berbuah manis. Seperti saat mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Kosta Rika menyusul pelanggaran Celso Borges kepada Wataru Endo. Namun eksekusi Yuki Soma belum tepat sasaran. Bola tendangannya melambung di atas gawang Keylor Navas.

Jepang kembali mendapat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Kosta Rika. Kali ini Calvo melakukan pelanggaran terhadap Asano.

Namun, Jepang lagi-lagi tak bisa memaksimalkannya. Kali ini tendangan Kamada diblok barisan pagar betis Kosta Rika.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, meski Kosta Rika menerima serangan bertubi-tubi, justru mampu mencetak gol pada menit ke-81. Adalah, Keysher Fuller membobol gawang Jepang lewat tembakan melengkung dengan kaki kiri yang mengarah ke pojok atas. Gol!!!

Tertinggal 0-1, Jepang terus melakukan penetrasi. Hanya saja belum ada yang berbuah gol. Umpan tarik Kaoru Mitoma diteruskan Kamada, tapi bola diblok Navas. Dalam situasi kemelut di depan gawang, Navas mampu mengamankan bola.

Pada partai selanjutnya, Jepang harus memenangkan pertandingan kalau ingin lolos. Jepang sendiri, akan melawan tim raksasa Spanyol, yang pernah membantai Kostarika 7-0, Jumat 2 Desember 2022 pukul 03.00 Wita. Sementara Jerman akan melawan Kostarika. (net/pp)

Jadwal Pertandingan:

Jumat, 2 Desember 2022

03.00 Wita: Jepang vs Spanyol - SCTV, Vidio, Moji, NEX Parabola
03.00 Wita: Kosta Rika vs Jerman - Vidio

Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda; Miki Yamane (Mitoma 62'), Maya Yoshida, Ko Itakura, Yuto Nagatomo (Ito 46'); Hidemasa Morita, Wataru Endo; Ritsu Doan (Ito 67'), Daichi Kamada, Yuki Soma (Minamino 82'); Ayase Ueda (Asano (46')

Kosta Rika: Keylor Navas; Kendall Waston, Francisco Calvo, Oscar Duarte, Bryan Oviedo; Keysher Fuller, Yeltsin Tejeda, Celso Borges (Salas 89'), Gerson Torres; Anthony Contreras, Joel Campbell (Chacon 90+5')

  • Bagikan