Prancis Tim Pertama Lolos ke Babak 16 Besar, Kalahkan Denmark 2-1, Terima Kasih Mbappe!

  • Bagikan

Prancis kalahkan Denmark 2-1 lewat sepasang gol Kylian Mbappe (Getty Images/Stu Forster)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, DOHA-- Luar biasa penampilan Prancis. Bertanding melawan Denmark, mereka berhasil mengalahkannya 2-1. Dengan kemenangan itu, Prancis merupakan tim pertama yang lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Kemenangan Prancis berkat dua gol yang diborong  Kylian Mbappe.

Duel yang dihelat di Stadium 947, Doha, Sabtu (26/11/2022) malam WIB, seluruh gol tercipta di babak kedua. Mbappe mencetak gol untuk membawa Prancis memimpin sebelum disamakan Andreas Christensen.

Mbappe memastikan kelolosan Prancis lewat gol di menit ke-86. Prancis dengan enam poin berada di posisi pertama Grup D, unggul lima poin dari Denmark dan Tunisia (1 poin) di urutan ketiga serta keempat. Urutan kedua adalah Australia dengan poin 3.

Prancis yang menurunkan kuartet penyerangnya tampil agresif sedari awal dan tak memberikan Denmark kesempatan mengembangkan permainan.

Ousmane Dembele di kanan dan Kylian Mbappe di kiri benar-benar merepotkan pertahanan Denmark.

Pada menit ke-10, Olivier Giroud sudah punya kans lewat sepakan voli meneruskan umpan Adrien Rabiot, tapi bola melayang di atas mistar.

Peluang bersih pertama Prancis hadir di menit ke-22 ketika Antoine Griezmann memberikan umpan kepada Dembele yang berlari dari sisi kanan, dan diakhiri crossing ke kotak penalti.

Rabiot menanduk bola yang memaksa Kasper Schmeichel terbang menepisnya. Sepanjang 25 menit pertama, Denmark tak diberikan ruang untuk menyerang.

Kombinasi Giroud dan Griezmann di menit ke-33 nyaris membuahkan gol. Umpan pendek Giroud ke Griezmann diteruskan dengan sepakan ke sudut sempit yang bisa diadang Schmeichel.

Denmark mendapat peluang pertamanya lewat Andreas Cornelius pada menit ke-35. Berawal dari Mbappe yang kehilangan bola di sepertiga akhir, Denmark melakukan serangan balik dan diakhiri umpan terobosan Jesper Linsdtrom kepada Cornelius.

Cornelius berlari hingga mendekati kotak penalti dan meski dikawal Raphael Varane, dia bisa menembak meski masih melebar.

Satu peluang didapat Mbappe di menit ke-40 yang menerima umpan tarik Dembele dari sisi kanan. Berada bebas di tengah kotak penalti, Mbappe menembak tapi melayang ke angkasa.

Memasuki babak kedua, Denmark memainkan Martin Braithwaite untuk menajamkan lini serang. Tapi, Prancis masih mendominasi permainan.

Mereka berupaya untuk mencetak gol secepatnya tapi masih kesulitan. Upaya Prancis untuk mendapatkan gol akhirnya kesampaian pada menit ke-61.

Serangan dari sisi kiri yang dibangun Theo Hernandez dan Mbappe mampu memecah pertahanan Denmark. Memainkan umpan 1-2, Theo memberikan bola pendek yang disambut sontekan Mbappe ke gawang. Schmeichel yang terhalang dua rekannya tidak bisa menepis.

Hanya saja, keunggulan Prancis cuma bertahan tujuh menit karena Denmark menyamakan skor lewat upaya ke gawang pertamanya di pertandingan ini.

Eriksen mengirimkan korner yang dibelokkan Joachim Andersen kedepan gawang dan mudah saja ditanduk Andreas Christensen.

Skor 1-1 membuat pertandingan semakin memanas karena Denmark jadi berani keluar menyerang. Pada menit ke-73, Jesper Lindstrom melepaskan sepakan first time yang bisa ditepis Hugo Lloris.

Akhirnya, Mbappe, penyerang Prancis itu membuat negaranya unggul lagi di menit ke-86.

Kali ini dia dengan cerdik melihat umpan silang Griezmann mengarah ke tiang jauh dan sambil melompat, Mbappe mendorong bola ke gawang dengan pahanya. Akhirnya, Prancis menutup laga kontra Denmark dengan skor 2-1. (*/pp)

Susunan pemain

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane (Ibrahima Konaté 75'), Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kingsley Coman 75'), Antoine Griezmann (Youssouf Fofana 93'), Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram 63').

Denmark: Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Victor Nelsson, Joachim Andersen; Joakim Maehle, Christian Eriksen, Pierre-Emile Hojbjerg, Rasmus Kristensen; Mikkel Damsgaard (Kasper Dolberg 73'), Andreas Cornelius (Martin Braithwaite 45'), Jesper Lindstrom (Christian Norgaard 85'). (*)

  • Bagikan