Cucu Wapres RI Pertama Mohammad Hatta Gugat Jokowi dan Mendagri

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID -- Cucu Wakil Presiden Pertama RI, Mohammad Hatta, Gustika Fardani Jusuf, menggugat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.
Gugatan tersebut terkait Pengangkatan dan pelantikan 88 Penjabat (Pj) kepala daerah. Bersama beberapa rekannya, Gustika melayangkan gugatan tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.
Gugatan dengan nomor register perkara:422/G/TF/2022/PTUN.JKT itu disampaikan Gustika dengan pihak tergugat yaitu Presiden dan Mendagri.


Menukil laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta, pihak penggugat bukan hanya Gustika. Ada sejumlah nama lain seperti Adhito Harinugroho, Lilik Sulistyo, Suci Fitriah Tanjung, dan Yayasan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).


"Mengabulkan gugatan para penggugat untuk seluruhnya," ujar Gustika dkk dalam petitum permohonannya dikutip Jumat (2/12/2022).


Terkait hal itu, netizen pun memberikan pujian kepada Gustika Fardani Jusuf. Mereka menilai, cucu Bung Hatta ini sebagi wanita cantik dan pemberani. Melebih keberanian para anggota dewan.
"Muda Cantik Elegan Pemberani Keren.👍," tulis akun @and. "Mengalahi Anggota DPR yg Katanja Terhormat. Atau Gila Hormat…," ungkap akun @D-Sap.


Untuk diketahui, melalui gugatannya, Gustika dkk meminta PTUN Jakarta menyatakan tindakan pemerintahan berupa perbuatan tidak bertindak (omission) oleh Jokowi yang tidak menerbitkan peraturan pelaksana sebagai tindak lanjut dari keberlakuan Pasal 201 ayat (9), (10), dan (11) UU 10/2016 sebagaimana dimandatkan ketentuan Pasal 205 C UU 10/2016 jo Putusan MK Nomor: 67/PUU-XIX/2021 jo Putusan MK Nomor: 15/PUU-XX/2022 merupakan perbuatan melawan hukum (Onrechtmatige Overheidsdaad).(fjr/idr)

  • Bagikan