KIB Mulai Goyah, Hanya Golkar Masih Konsisten, PAN dan PPP Mbalelo

  • Bagikan
Tiga Ketua Umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net

PALOPOPOS..CO.ID, JAKARTA-- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kini mulai goyah. KIB yang diusung tiga partai besar di Indonesia ini, nampaknya mulai goyah. Partai Golkar yang tergabung dalam KIB masih setia mendukung Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk maju menjadi capres pada Pemilu 2024.

Konsistensi tersebut tentu berbeda dengan kader Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PAN) yang mulai memberikan dukungan ke kandidat lain. Padahal PAN dan PPP tergabung ke KIB dan sudah sepakat memprioritaskan kader internal.

"Golkar hingga saat ini masih teguh dalam pendiriannya untuk mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres," kata pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Senin, 5 Desember 2022.

Meski ada dukungan untuk tokoh politik di luar koalisi, Karyono menyebut usulan PPP dan PAN belum bisa disebut keputusan final.

"Dukungan dari sejumlah pengurus PAN dan PPP belum bisa diambil kesimpulan bahwa KIB sudah bulat akan mengusung Ganjar, selain itu belum diputuskan di tingkat koalisi," kata Karyono.

Setelah menerima usulan itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa memang hampir semua kader PAN mengusulkan Ganjar. (rm/pp)

  • Bagikan