260

Ketua Golkar Daerah Pikir-pikir Maju Caleg

  • Bagikan

DPP Perintahkan Ketua DPD I dan DPD II Golkar Maju Pileg 2024

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Andi Marzuki Wadeng mengatakan imbauan DPP Golkar agar Ketua DPD I dan DPD II maju di Pileg 2024. Maksudnya untuk menguji kemampuan sekaligus mendorong suara Golkar meningkat. Imbauan ini pun disikapi 'dingin' sejumlah Ketua DPD II Golkar di Tana Luwu dan Toraja. Banyak yang masih pikir-pikir.

Marzuki menjelaskan, para kepala daerah mempunyai pengaruh yang kuat dengan dukungan massa yang banyak. Sehingga dengan mereka maju di Pileg, suara Golkar bisa meningkat secara drastis.

“Pasti kan (Ketua DPD I dan DPD II Golkar) banyak massanya. Jadi kita harap perolehan suara Golkar ini nanti di semua tingkatan bisa bertambah,” paparnya, Ahad 4 Desember, lalu.

Bukan hanya kepala daerah dua periode, bupati maupun wali kota yang masih satu periode pun juga mendapat imbauan untuk maju bertarung di Pileg. Hasil dari Pileg akan jadi bahan pertimbangan untuk mengusung kembali kepala daerah.

“Yang satu periode juga diminta ke Pileg dulu baru setelahnya akan dilihat kalau mau maju di Pilkada,” papar Marzuki. Para kepala daerah yang merupakan ketua DPD I dan II Golkar nantinya akan terjaring dalam seleksi yang dilakukan Partai Golkar. Nantinya akan ada survei untuk menentukan kader yang diberikan kesempatan maju bertarung.

“Jadi sekarang masih tahap 200 persen (untuk dipilih jadi caleg), kemudian diseleksi jadi 150 persen. Dan nanti jadi 100 persen dan ini lah yang jadi calon tetap. Sementara dilakukan survei di masing-masing tingkatan (untuk menentukan caleg tetap),” jelasnya

Di Tana Luwu, Ketua DPD II Golkar Luwu adalah Patahudding, Ketua DPD II Golkar Palopo, Wakil Wali Kota Dr Rahmat M Bandaso, Ketua Golkar Luwu Utara yang juga Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani, dan Ketua Golkar Luwu Timur yang juga Ketua DPRD Lutim Aripin.

Lantas bagaimana tanggapan Ketua DPD II Golkar di Tana Luwu-Toraja. Seperti Ketua DPD II Golkar Kabupaten Tana Toraja, Victor Datuan Batara (VDB) menyampaikan imbauan diberikan kepada para ketua partai beringin tersebut sangat baik.

“Saya kira itu (perintah) baik, terutama bagi daerah yang kekurangan calon legislatif yang potensial,” ungkapnya. Lanjut Victor, bagi kader Golkar di Tana Toraja masih sangat banyak calon legislatif potensial.

Terbukti atas antusiasnya kader yang sudah 200 persen telah mendaftar sebagai calon legislatif dari partai Golkar yang didominasi warga Toraja. “Kalau saya mau maju, ya doakan saja bisa maju di Pilkada, Insya Allah kalah Tuhan berikan umur panjang dan kesehatan,” tutup VDB.

Sementara itu Ketua Golkar Palopo, yang juga Wawali Palopo, Dr Rahmat M Bandaso saat dikonfirmasi mengaku masih pikir-pikir dan belum menentukan sikap. Ia hanya fokus untuk maju Pilwalkot Palopo nantinya.(ris/idr)

  • Bagikan