Indah Minta Lahan Pertanian Dimaksimalkan

  • Bagikan

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat menerima tamu dari PT Mars terkait kakao Lutra. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA-- Petani di Luwu Utara diharapkan mampu mengoptimalkan setiap lahan pertanian yang mereka miliki dan tidak hanya fokus pada satu komoditas saja.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat ditemui Chief of Party ACTIVE, Danang Irawan beserta jajaran PT Mars Symbioscience Indonesia di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

Dalam pertemuan itu selain membahas terkait upaya pengembangan kakao di Luwu Utara Indah menyampaikan potensi besar yang dimiliki setiap lahan pertanian di Luwu Utara jika dimaksimalkan oleh petani.

"Jadi pemanfaatan lahan pertanian memang harus dioptimalkan. Kita harap petani di Luwu Utara mengoptimalkan lahan yang dimiliki dengan tidak hanya mengandalkan satu jenis komoditas saja tetapi beberapa komoditas" jelas Indah.

"Sehingga tidak ada jeda bagi petani kita untuk tidak menghasilkan, tidak jeda setiap lahan pertanian untuk tidak berproduksi. Kita dorong pendekatan agroforestry" sambung Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu menambahkan, saat ini Luwu Utara banyak mendapatkan program terkait pengembangan disektor pertanian. " Komitmen ini kita diuntungkan karena Luwu Utara ini cukup banyak mendapatkan program disektor pertanian dan juga terkait pengembangan kakao. Momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik dengan mengsinergikan satu program dengan program lainnya," pungkasnya.

Usai pertemuan itu, Chief of Party ACTIVE, Danang Irawan beserta jajaran PT Mars Symbioscience Indonesia menggelar Workshop Program Agroforestry Cocoa Towords Income Value, and Environmental Sustainability (ACTIVE) di ruang Rapat Sekretaris Daerah Luwu Utara.

Kegiatan tersebut dalam rangka meneguhkan kolaborasi dalam pembangunan melalui pengembangan salah satu komoditas unggulan di Luwu Utara. Upaya ini merupakan suatu kerjasama berbagai pihak untuk mendukung dan berkomitmen dalam upaya mengembalikan kejayaan Kakao di Luwu Utara. (Mahmuddin)

  • Bagikan