Lantunan Shalawat Badar Iringi Dr. Muammar Mendaftar Sebagai Bakal Calon Rektor IAIN Palopo 2023-2027

  • Bagikan

Suasana saat Dr. H. Muammar Arafat Yusmad, S.H., M.H, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Palopo resmi mendaftar sebagai salah satu bakal calon Rektor IAIN Palopo. Ia mendaftar, Selasa, 20 Desember 2022, sore. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Penjaringan bakal calon Rektor (Bacarek) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo telah dibuka sejak Jumat, 16 Desember 2023 lalu.

Bertindak sebagai Ketua Panitia Penjaringan adalah H. Anwar Abubakar yang juga sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Palopo dan sekretaris panitia adalah H. Madehang, Kepala UPT Perpustakaan IAIN Palopo.

Sore ini, Selasa, 20 Desember 2022,  Dr. H. Muammar Arafat Yusmad, S.H., M.H, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Palopo resmi mendaftar sebagai salah satu bakal calon Rektor IAIN Palopo.

Pendaftaran Dr Muammar sebagai bakal calon Rektor IAIN Palopo berlangsung meriah. Tampak diringi oleh sejumlah staf IAIN Palopo sambil melantunkan Shalawat Badar yang merupakan syair pujian kepada Nabi Muhammad SAW dan memohon doa kepada Allah SWT untuk Rasullah SAW. 

Dr. Muammar datang mendaftar sebagai bakal calon Rektor IAIN Palopo dengan mengenakan pakaian adat berwarna hijau khas almamater IAIN Palopo.

Ia menyampaikan bahwa kedatangannya mendaftar sebagai bakal calon rektor IAIN Palopo dengan menggunakan pakaian adat adalah sesuai dengan “nafas” IAIN Palopo yang tertuang dalam visi IAIN Palopo yaitu: Terkemuka dalam Integrasi Keilmuan Berciri Kearifan Lokal.

Selain itu, lanjutnya, dirinya juga ingin memberikan kesan bahwa penjaringan bakal calon Rektor IAIN Palopo ini adalah sesuai perhelatan yang penuh dengan ketegangan.

Muammar menuturkan, penjaringan bakal calon Rektor IAIN Palopo ini adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita. ''Jadi, harus dibawa dalam suasana hati yang riang gembira,'' katanya.

Menurutnya, proses suksesi tak harus tegang tetapi bisa dilakukan dengan cara-cara yang bersahabat bahkan diselingi dengan jenaka cerdas.

Pendaftaran Muammar sebagai bakal calon rektor diterima oleh sekretaris panitia, H. Madehan dan panitia penjaringan bacarek.

Ketika ditanya tentang visi dan misinya ketika kelak ditakdirkan memimpin IAIN Palopo ke depan, Muammar menjelaskan, pada saatnya nanti ia menyampaikan visi, misi, program kerja, dan strategi pencapaiannya secara detail.

''Yang jelas visi misi tersebut bersumber dari sejumlah praktik baik (Best Practices) yang telah diterapkan di berbagai universitas terkemuka pada level nasional dan internasional dengan dukungan referensi ilmiah yang bereputasi,'' bebernya.

Ia menambahkan, akselerasi IAIN Palopo menuju perguruan tinggi unggul dan terkemuka di bawah kepemimpinan Rektor IAIN Palopo saat ini Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag sangat luar biasa. ''Dan, akan menjadi tugas pemimpin selanjutnya untuk menjaga dan meningkatkan kapasitas kelembagaan IAIN Palopo, ke depan,'' pungkasnya. (*/pp/uce)

  • Bagikan