Artis Senior Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia, Keluarga Si Doel Berduka, Ini Profil Mak Nyak

  • Bagikan
Almarhumah Aminah Cendrakasih. --net--

SATU lagi artis terhebat di masanya berpulang ke rahmatullah. Adalah, meninggalnya Aminah Cendrakasih atau yang lebih dikenal dalam perannya sebagai "Mak Nyak". Meinggalnya ''Mak Nyak'' menjadi kabar duka mendalam bagi keluarga Si Doel Anak Sekolahan.

Mak Nyak mengembuskan napas terakhirnya pada usia 84 tahun pada Rabu, 21 Desember 2022 sekitar pukul 21.00 Wita di kediamannya. Sebelum meninggal, Mak Nyak kehilangan penglihatan pada 2017 karena penyakit glaukoma.

Para pelayat berdatangan ke rumah duka di Jalan Japos Raja Jurang Mangu RT 07 RW 03, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Setelahnya jenazah dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Kepergian Mak Nyak menjadi duka mendalam bagi dunia perfilman Indonesia.

Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) menyampaikan rasa duka atas meninggalnya artis senior yang telah memainkan banyak film sejak tahun 1970-an itu.

Meski dikenal sebagai Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan, perempuan kelahiran Magelang pada 29 Januari 1938 itu juga tercatat sudah banyak membintangi film dan meraih penghargaan.

PROFIL 'MAK NYAK'

Mak Nyak: Profil Mak Nyak Aminah Cendrakasih

Mak Nyak lahir di Magelang pada 29 Januari 1938.
Mulai main film sejak 1956. Awal kariernya di dunia film, Mak Nyak berperan sebagai gadis manja dan judes.

Peran judes tersebut bertentangan dengan pembawaannya sehari-hari. Di kehidupan nyata, Mak Nyak mengakui bahwa dirinya bukan sosok yang galak.

Mak Nyak senang humor dan ramah. "Tapi banyak yang mengatakan saya lebih cocok jadi orang galak dan judes. Bagi saya, saya menyenangi semua peran kecuali yang porno," kata Mak Nyak.

Dunia Bakat akting Mak Nyak Mak Nyak mewarisi bakat akting dari orangtuanya. Mendiang ayahnya, Husin, merupakan aktor sandiwara pada zaman penjajahan Belanda.
Dituliskan bahwa semua anak-anak Mak Nyak juga memiliki bakat untuk bermain film. Namun, Mak Nyak tidak mengharuskan anak-anaknya mengikuti jejaknya untuk bermain film. "Yang jelas semua anak-anak saya bebas menetukan karier," ujar Mak Nyak lagi.

Perkawinannya dengan Idris, kelahiran Betawi asli, membuahkan 4 putra dan 3 putri. Dalam serial Si Doel Anak Sekolahan, Aminah Cendrakasih berperan sebagai ibu Doel.
Sementara Doel diperankan oleh Rano Karno.
Mak Nyak sukses mendapatkan sejumlah penghargaan sepanjang kariernya. Termasuk Piala Maya untuk kategori Penampilan Singkat nan Berkesan berkat perannya di Si Doel the Movie 2019. (*/net/pp)

  • Bagikan