Wali Kota: Kuliah di IKB KJP Sudah Tepat, Terkenal Secara Global!

  • Bagikan

Di Akhir Tahun 2022,
Mewisuda 388 Sarjana dan D3 Kebidanan

Ketua Pembina Yayasan IKB-KJP yang juga Ketua DPRD Kota Palopo Dr. Hj. Nurhaeni, S.Kep, M.Kes, bersama Ketua LLDIKTI WIL. IX, Andi Lukman, M.Si Rektor IKB-KJP Prof Dr. dra Ruadiana Junaid berfoto bersama para wisudawan terbaik dan orang tua. --idris prasetiawan--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Institut Kesehatan dan Bisnis (IKB) Kurnia Jaya Persada (KJP) Palopo semakin menunjukkan eksistensinya menuju kampus "Bermutu, Berkarakter, Berwawasan Global" dengan menggelar wisuda Angkatan XIV Tahun 2022.

SEBANYAK 388 orang sarjana dan diploma 3 diwisuda di Gedung Merdeka Convention Hall (MCH), Rabu 28 Desember 2022, dengan rincian 5 orang D3 Kebidanan 296 orang S1 Kebidanan, 31 orang S1 Keperawatan, 13 orang Profesi Bidan, dan 43 orang Profesi Ners.

Pembukaan rapat senat dilakukan Rektor IKB KJP, Prof Dr Dra Rusdiana Junaid, Grad. Dipl. TESOL, M.Hum MA didampingi Wakil Rektor I IKB KJP, Ns Lestari Lorna Lolo M.Kep, Dekan Fakultas Kesehatan IKB KJP, Devi Darwin S.ST M.Keb, Ketua Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners, Sumiati S.Kep, Ns M.Kes, Ketua Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Samsinar S.ST M.Kes. Ketua Prodi D3 Kebidanan, Andi Sufiani S.ST M.Keb, dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Abri Hadi.

Dihadiri Ketua Pembina Yayasan KJP yang juga Ketua DPRD Kota Palopo, Dr Hj Nurhaeni S.Kep M.Kes, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Andi Lukman, Wali Kota Palopo HM Judas Amir MH, Kadinkes Palopo yang juga Ketua PPNI Palopo Ns Taufiq M.Kes, Ketua DPRD Tojo Una-Una, Mahmud Lahay, perwakilan Kejari Palopo, Polres Palopo, para orang tua wisudawan, dan undangan.

Wali Kota Palopo Drs HM Judas Amir, MH bersama dengan Ketua Yayasan IKB-KJP yang juga Ketua DPRD Kota Palopo. --idris prasetiawan--

Pada kesempatan itu, Wali Kota Palopo HM Judas Amir dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya terhadap kampus IKB KJP. Karena dapat meluluskan sarjana dan diploma 3 dengan begitu banyak.

"Sebagai pemerintah kami mendukung pengelolaan perguruan tinggi yang dilakukan kampus IKB KJP ini yang dilakukan secara profesional," kata Wali Kota memuji keberhasilan kampus yang dicetus Dr Hj Nurhaeni ini.

Wali Kota juga menyinggung nama kampus IKB KJP yang sudah terkenal secara nasional
dan global. Lantaran sudah ada
beberapa alumninya yang beker-
ja di luar negeri.

"Yang memilih kampus IKB KJP sebagai tempat kuliah itu sudah tepat, sudah benar. Tidak salah pilih. Kampus ini dikelola dengan profesional," sebut orang nomor 1 di Pemkot Palopo ini.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan KJP yang juga Ketua
DPRD Kota Palopo, Dr Hj Nurhaeni S.Kep M.Kes dalam arahannya mengatakan kalau perjuangan pembentukan kampus ini sangat panjang.

Dari awalnya hanya sekolah tinggi yang memiliki 2 prodi, atas bantuan, doa, dan usaha seiring waktu bisa beralih status menjadi institut.

Dan saat ini sedang bersiap bertransformasi menjadi universitas yang diberi nama Universitas Kurnia Jaya Persada (UKJP) dengan menggabungkan 2 kampus yaitu IKB KJP dan Akademi Bidan (Akbid) Dian Harapan di Mamasa, Prov. Sulbar.

Ke depan dengan beralih status menjadi universitas, maka prodi juga bertambah 3. Yaitu Prodi S1 Hukum, S1 Tehnik Sipil, dan S1 PGSD, dibarengi penambahan tenaga dosen.

Ia pun berharap pengembangan ini terus mendapat support dari pemerintah dan LLDIKTI.

Ditambahkan Rektor IKB KJP, Prof Dr Dra Rusdiana Junaid, Grad. Dipl. TESOL, M.Hum MA yang membacakan laporan akademik selama setahun IKB KJP, di antaranya dari ribuan alumni IKB KJP sudah banyak yang bekerja di sejumlah instansi kesehatan pemerintah dan swasta.

Menjadi dosen, bahkan bekerja di luar negeri.

Bahkan dikatakan rektor, saat ini semua prodi IKB KJP telah terakreditasi. Yaitu, Akreditasi Baik untuk Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan. Akreditasi Sangat Baik untuk S1 Keperawatan dan Profesi Ners, Prodi D3 Kebidanan Sangat Baik.

Tak hanya itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) juga telah terakreditas Baik.

Dalam pengembangan kampus, pihaknya menjalin sejumlah MoU seperti Twin Quantum Quality Consulting di Magelang. MoU dengan BSI, MoU dengan Bupati
Lutra Hj Indah Putri Indriani, MoU
dengan APTISI Pusat, MoU dengan Unsimar, MoU dengan Uniba Serang, MoU dengan Universitas Guna Dharma, Binus, IPB, Kadis Pariwisata Sulsel, bahkan saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan Flinders University dan Adelaide University di South Australia, serta sejumlah klinik dan RS.

Atas capaian tersebut, Ketua
LLDIKTI Wilayah IX, Drs Andi Lukman M,Si mengaku bangga dengan kampus IKB KJP.

Ia mengapresiasi pihak kampus dalam menghadirkan SDM yang unggul serta akreditasi prodi yang sangat baik.

"Kami turut berbangga. Saya berharap apa yang dicapai dapat ditingkatkan lagi," ucap Andi Lukman.

Pada kesempatan itu juga diumumkan wisudawan terbaik adalah dari Prodi D3 Kebidanan
diraih Selasari, Prodi S1 Kebidanan Mukkaramh, S1 Keperawatan Dewi Intan, dan Profesi Bidan Sitti Athifa, serta Profesi Ners Mutmainnah.

Prosesi wisuda juga digelar secara online diikuti 17 orang dari dalam negeri dan luar negeri di Arab Saudi. (idris prasetiawan)

  • Bagikan