Universitas Patompo Makassar Segera Rintis Pembukaan Fakultas Kedokteran Andy Chaeruddin: 2023, Kita Buka S2 Manajemen dan S2 Biologi

  • Bagikan

Ketua Yayasan Pembangunan Indonesia Makassar (YASPIM ) Universitas Patompo, Andy Chaeruddin Patompo. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Universitas Patompo Makassar sukses menggelar wisuda sarjana dan magister periode I, di Hotel Claro Makassar, diakhir tahun, Sabtu 31 Desember 2022.

Ketua Yayasan Pembangunan Indonesia Makassar (YASPIM ) Universitas Patompo, Andy Chaeruddin Patompo, kepada media usai prosesi wisuda Universitas Patompo, Sabtu 31 Desember 2022 merasa bersyukur karena di periode I pelaksanaan wisuda sarjana dan magister Universitas Patompo telah berjalan lancar dan sukses.

Kesuksesan ini tentu tidak lepas dari kerja keras pimpinan mulai dari rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, dosen dan seluruh civitas akademika Universitas Patompo sehingga acara ini berjalan sukses.

Terkait rencana pengembangan Universitas Patompo ke depan, disebutkan Andy Chaeruddin tahun 2023 akan berencana membuka dua program Magister, yakni S2 Manajemen dan S2 Biologi.

Menyongsong pembukaan Fakultas Kedokteran direncanakan mulai berproses 2024 maka sebelum itu, pihak Yayasan akan fokus terlebih dahulu membuka Fakultas Ilmu Kesehatan.

Sekadar diketahui bahwa Universitas Patompo merupakan penggabungan dari tiga PTS naungan YASPIM, yakni STKIP Pembangunan Indonesia, STIE Pembangunan Indonesia dan Institusi Sains dan Teknologi Pembangunan Indonesia, serta Pascasarjana.

Lebih lanjut tentang pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Patompo, pada 2024, sangat beralasan, karena pihak yayasan Universitas Patompo telah memiliki juga Rumah Sakit Hikmah Makassar.

Putra Patompo ini mengakui kalau Rumah Sakit Hikmah ini sudah berdiri kurang lebih 42 tahun, sehingga jika Universitas Patompo ini membuka Fakultas Kedokteran mahasiswa tidak sulit lagi untuk kegiatan praktik di Rumah Sakit.

Mendirikan Fakultas Kedokteran tambah Andy Chaeruddin tidaklah mudah, karena dibawah pengawasan dua kementerian,yakni Kementerian Pendidikan dan Kesehatan. Disamping itu juga terkendala dengan SDM.

" Jadi kalau ingin membuka Fakultas Kedokteran tentu harus pula menyiapkan SDM-nya, karena ini syarat utama,"ujar Andy Chaeruddin.

Perguruan tinggi ingin maju,
disebutkan Andy Chaeruddin Patompo harus memperkuat kolaborasi atau kerjasama pengembangan SDM baik itu antar perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Andy Chaeruddin yang memiliki hubungan yang baik di luar negeri seperti yang ada di Australia, Thailand dan Korea siap bekerjasama dengan Universitas Patompo dalam hal pengembangan SDM.

Rektor Universitas Patompo, Dr H Muh Yunus, M.Pd, merespon sekaligus mendukung keinginan Ketua YASPIM, Andy Chaeruddin mengembangkan Universitas Patompo dengan membuka Fakultas Kedokteran.

" Mendirikan Fakultas Kedokteran harus tersedia SDM sesuai yang disyaratkan," ujar Muh. Yunus.

Sekadar diketahui Universitas Patompo
sekarang ini sudah menyelenggarakan 10 program studi sarjana dan magister, yakni Pendidikan Ekonomi Program Magister ( S2 ),. Program Pendidikan Ekonomi (S1 ), Pendidikan Biologi ( S1 ), Pendidikan Metematika ( S1 ), Manajemen ( S1 ), Akuntansi ( S1 ), Ekonomi Pembangunan ( S1 ), Teknik Sipil ( S1 ), Teknik Elektro ( S1 ) dan Statistik ( S1).

Saat ini Universitas Patompo dipimpin oleh Rektor Dr. H. Muh Yunus, M.Pd didampingi Wakil Rektor I, Drs H. Ahmad Hasyim, M.Si; Wakil Rektor II, Dr Rahmawati, SE, M.Si; Wakil Rektor III, Dr. M. Sri Yusal SSi MSi. (rls/pp)

  • Bagikan