KPU Torut Lantik 105 Adhoc PPK, Ketua KPU Berharap Agar Zero Pemilihan  Suara Ulang (PSU) pada Pemilu 2024

  • Bagikan

Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom didampingi Empat Anggota KPU Torut saat melantik 105 Adhoc PPK Se-Toraja Utara,Rabu,4 Januari 2023. --albert--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara menggelar Pelantikan dan Pengambilan sumpah dan janji serta bimbingan teknis kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se- Kabupaten Toraja Utara oada pemilihan umum tahun 2024 .

Pelaksanaan pelantikan Adhoc PPK tersebut dilaksanakan di Hotel Heritage selama dua hari dari tanggal 4-5 Januari 2023 yang diikuti sebanyak 105 orang, Rabu,4 Januari 2023.

Turut dihadiri unsur forkopimda, OPD, dan camat ini dirangkaikan dengan bimbingan teknis penyelenggara badan.

KPU Torut, Bonnie Freedom dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebanyak 105 PPK dilantik setelah melalui sejumlah tahapan hingga sampai hari ini dilaksanakan pelantikan.

Dijelaskan Bonnie bahwa pada tahapannya pendaftar calon PPK ada 547 orang dan setelah itu melalui test CAT menghasilan 302 orang yang mengikuti test wawancara. Dengan menyelesaikan tes wawancara dan menghasilkan 105 orang yang dinyatakan lolos dan cadangan atau calon PAW (Pengganti Antar Waktu) sebanyak 105 orang juga. 

Diakui Bonnie bahwa Pemilu tahun 2024 ini kompleksitas dengan itu PPK diminta tetap menjaga kesehatan dan mereview apa yang terjadi di pemilihan sebelumnya, apa yang keliru, untuk dapat dibenahi dan apa yang baik untuk dipertahankan dengan menata proses untuk pemilu 2024.

"Tantangan penyelenggara pemilu ke depan sangat banyak, seperti pemilihan sebelumnya, sehingga KPU mengantisipasi secara dini yakni dalam perekrutan PPK pemilu 2024 menekankan agar setiap calon anggota PPK harus sehat secara jasmani dan rohani. Dan PPK harus paham teknologi karena proses kerja sangat didukung oleh teknologi," ungkapnya

Ia juga berharap kepada semua anggota PPK agar selalu berkoordinasi dengan camat dan semua yang terkait, dan juga kepada camat dan stakholder yang terkait agar mendukung PPK dalam melaksanakan tugas, demi berjalannya pemilu, dan suksesnya pemilu dengan harapan zero (nol) pelanggaran pemilu termasuk zero Pemilihan  Suara Ulang (PSU) pada pemilu 2024 yang akan datang.

Sementara itu Wakil Bupati Torut, Frederik Victor Palimbong dalam sambutannya menyampaikan bahwa seperti yang disampaikan ketua KPU bahwa beberapa tahapan telah dilalui bahkan disampaikan tentang review pada pemilu sebelumnya, olehnya itu berbagai antisipasi telah dilakukan KPU untuk meminimalis pelanggaran, untuk itu dirinya mengapresiasi langkah yang diambil tersebut, demi suksesnya pemilu.

"Dan untuk suksesnya pemilu, bukan hanya tugas KPU dan jajaranya tetapi semua harus memberikan dukungan agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan baik, dan sukses. Dengan saling memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat" kata Frederik.

Dirinya berharap kepada PPK yang dilantik agar bekerja dengan baik, berlaku adil terhadap semua pihak, demi suksesnya pemilu 2024 mendatang.(albert tinus)

  • Bagikan