45 Anggota PPK Palopo Dilantik, Ketua KPU Abbas Djohan: Tak Netral Pasti Dipecat

  • Bagikan

ANGGOTA PPK menandatangani berita acara pelantikan di hadapan Ketua KPU Palopo, Dr Abbas Johan. --FT: ARSUL/PALOPOPOS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo telah melantik 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024. Pelantikan ini melalui pengambilan sumpah yang berlangsung di Aula Hotel Agro Wisata, Rabu, 3 Januari 2023.

Adapun 45 orang ini ditetapkan setelah melalui proses rektrutmen yang dilakukan KPU Palopo. Tiap Kecamatan dari 9 Kecamatan yang di Kota Palopo berisikan 5 personel diantaranya, ketua, sekretaris dan 3 orang anggota. Mereka akan bertugas membantu peran-peran KPU sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan.

Ketua KPU Palopo, Abbas Johan pada kesempatan itu menekankan sikap netralitas dan integritas terhadap anggota PPK dalam melaksanakan tugas selama tahapan Pemilu 2024 berlangsung. Keberadaan PPK ini diharapkan pula intens berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan.

Bahkan, kata Abbas, dirinya tidak segan dalam menyikapi anggota PPK yang melanggar ketentuan.

"PPK harus netral. Tidak dibenarkan bersikap yang berpengaruh terhadap integritasnya," katanya, ditemui dalam kegiatan tersebut.

Termasuk ia memperingatkan, bahwa dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu ke depan, PPK tidak diperbolehkan menimbulkan sikap yang berkesan beriafiliasi terhadap partai politik peserta Pemilu.

"Bila ada yang melakukan hal yang demikian maka sanksi pemecatan akan dilakukan," tegasnya.

Pada pelantikan ini hadir, Sekretaris Kota Palopo, Firmanza, unsur TNI/Polri serta Camat. (asrul)

  • Bagikan