Jumlah Bacaleg PPP Melebihi Kuota

  • Bagikan

PKB Baru Buka Pendaftaran, PAN dan PKS Belum Lengkap

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Dari sepuluh partai politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Palopo, baru tiga yang lengkap Bakal Calon Anggota Legislatifnya (Bacaleg) yakni Partai Golkar, Gerindra, dan PPP.
Sedang parpol besar seperti PDIP, NasDem, dan Demokrat belum rampung. Kemudian parpol menengah dan kecil di parlemen Palopo, seperti PKB, PAN, dan PKS, belum lengkap.

Ketua PPP Palopo, H Haidir Basir yang dihubungi Palopo Pos melalui telepon, Rabu, 4 Januari 2022 kemarin, mengatakan, dari segi jumlah, Bacaleg PPP sudah lebih dari cukup, sudah lebih 25 orang. Termasuk Bacaleg perempuan sudah lebih 30 persen.

Namun Bacaleg tersebut masih akan diseleksi untuk didaftar sebagai Caleg di KPU pada 24 April 2023 hingga 25 November 2023 mendatang. Sehingga PPP Palopo masih membuka pendaftaran bagi kader maupun non kader yang berminat maju Caleg.

Salah satu tokoh yang akan diusung PPP sebagai Caleg yakni Andi Fatahillah, mantan Kadis di Kota Palopo dan Kab. Luwu. Terakhir Andi Fatahillan menjabat Kadis Lingkungan Hidup Kab. Luwu.
''Beliau (Andi Fatahillah) salah satu tokoh bertalenta, cukup dikenal di Palopo,'' ucap HB --sapaan akrab Haidir Basir.

PPP juga masih menjagokan dua legislator PPP Palopo yakni Darmawati dan Muhammad Mahdi pada Pileg 2024. Kedua unggulan PPP pada masing-masing Dapilnya, yakni Darmawati Dapil 1 (Wara, Wara Barat, Mungkajang) dan Mahdi Dapil 2 (Wara Utara, Bara, Telluwanua).
Termasuk Budiman, salah satu tokoh PPP Palopo diupayakan bisa masuk kembali ke DPRD. Masih tokoh lainnya, tapi belum dipublis. HB sendiri menyatakan tidak maju Caleg.

"Saya tidak maju Caleg. Karena sebagai ketua saya diberi tanggung jawab dan amanah dari partai untuk mengawal dan bantu 25 caleg Palopo, dan fasilitasi dukungan Caleg DPRD Sulsel dan DPR-RI,'' kata mantan birokrat Pemkot ini.

Sementara Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Palopo, Dahri Suli yang dihubungi Palopo Pos melalui telepon, Rabu, 4 Januari 2023 kemarin, mengungkapkan, PKB baru membuka pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) secara online pada 1-31 Januari 2023 melalui laman https://pkb.id/daftar-bacaleg-pkb.

Untuk Kota Palopo, sudah beberapa Bacaleg yang mendaftar. Seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kec. Wara, Wara Barat, dan Mungkajang yakni caleg incumbent Misbahuddin, Rustam Taruk, Surnadi SH (mantan anggota PPK Wara Barat).

Dapil 2 Kec. Wara Utara, Bara, Telluwanua seperti Buhari Suli (saudara Dahri Suli), Dr Badawi (dosen dan kader NU), Sriyani Lambelai (Caleg PKB Pileg lalu).

Kemudian Dapil 3 Kec. Wara Timur, Suparni Sampetan (aktivis kampus Palopo/Ketua KNPI Palopo versi Arham Basmin), Nanda (putra dari mantan anggota DPRD Palopo Hamka Pasau).

"Sampai hari keempat (4 Januari), itu yang sudah mendaftar secara online. Dan pendaftar masih terbuka sampai akhir Januari,'' katanya.
Dahri sendiri yang sudah tiga periode menjabat anggota DPRD Palopo, telah mendaftar Bacaleg Provinsi Sulsel secara online. Di Dapil 11 Tana Luwu, Zulfikar Limolang dari Luwu Utara juga maju Caleg provinsi.
Malah, pendaftar Caleg provinsi PKB sudah full sesuai kuota Dapil 11 Tana Luwu sebanyak 11 kursi. Hanya Dahri tidak hafal nama-nama Caleg provinsi PKB.

Sementara untuk Caleg pusat, Dahri mengatakan, legislator PKB Sulsel, Irwan Hamid memastikan diri maju caleg pusat.
Setelah pendaftaran secara online, selanjutnya penyerahan dokumen Bacaleg secara manual di Kantor PKB sesuai jenjangnya. Bacaleg Palopo menyerahkan berkas secara manual di Kantor PKB pada Februari 2023. Dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan sistem Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang dibutuhkan KPU.

Sementara, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palopo, Abduh Bakri Pabe yang dikonfirmasi pekan lalu, mengaku kalau Bacaleg PAN belum lengkap. Sampai saat ini, masih membuka ruang kepada masyarakat yang akan menjadi caleg pada pada Pemilu 2024.
"Sampai saat ini kuota caleg untuk PAN belum fiks. Tapi, kita membuka ruang ini sampai rekrutmen bakal caleg ini terpenuhi dari kuota yang ditetapkan," katanya (22/12) lalu.

Informasi yang dihimpun Palopo Pos, dua legislator PAN Palopo masih akan maju pada Pileg 2024 yakni Herawati Masdin dan Elyniang. Caleg lainnya yakni Ahyar Amir. Sementara Abduh Bakry Pabe akan maju Caleg Provinsi Sulsel, bersama Ir Jamaluddin Nawir MM, Hj Asni (Ketua PAN Luwu).

Hal yang sama diungkapkan Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Palopo, Dr Ibrahim Halim yang dihubungi Palopo Pos melalui telepon, Rabu kemarin.

Menurutnya, Bacaleg PKS Palopo juga belum lengkap. ''Masih buka pendaftaran Caleg,'' ucapnya singkat saat sedang menghadiri acara silaturahim Pemkot Palopo dengan pengurus Ormas di Aula Ratona Kantor Wali Kota.

Adapun Caleg PKS yang akan bertarung di Palopo diantaranya Aswin Djidar (Sekum DPD PKS Palopo), H. Ahmad Faesal (Ketua MPD PKS Palopo), Hj. Megawati (legislator PKS Palopo). (ikh)
Sedang Caleg provinsi PKS yakni Ibrahim Halim, AndinJahidah, Andi Patahuddin, KH. Suardi Ismail. Lalu Caleg pusat HM Amri Arsyid (Ketua DPW PKS Sulsel). (ikh)

Bacaleg PKB

  • Palopo
    Misbahuddin, Rustam Taruk, Surnadi SH, Buhari Suli, Dr Badawi, Sriyani Lambelai, Suparni Sampetan, Nanda.
  • Provinsi Sulsel
    Dahri Suli, Zulfikar Limolang, dll.
  • Pusat
    Ir Irwan Hamid

Bacaleg PPP

  • Palopo
  • Andi Fatahillah, Darmawati, Muhammad Mahdi, Budiman ST

Bacaleg PAN

  • Palopo
  • Herawati Masdin, Elyniang, Ahyar Amir.
  • Provinsi
  • Abduh Bakri Pabe, Ir Jamaluddin Nawir MM, Hj Asni.

Bacaleg PKS

  • Palopo
  • Aswin Djidar, H. Ahmad Faesal, Hj. Megawati.
  • Provinsi
  • Ibrahim Halim, A. Jahidah, A. Patahuddin, KH. Suardi Ismail
  • Pusat:
    H.M. Amri Arsyid. (*)
  • Bagikan