Awal 2023, Fotografer Palopo Pos Sabet Juara 3 Lomba Foto Jurnalistik Bertemakan Sampah dan Lingkungan

  • Bagikan
  • Diikuti 79 Fotografer Secara Nasional

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Di awal tahun 2023, kembali fotografer Harian Palopo Pos, Idris Prasetiawan mendapat penghargaan nasional dengan keluar sebagai Juara 3 Lomba Foto Jurnalistik dengan tema "Sampah Plastik dan Lingkugan Hidup".


Lomba foto ini diadakan oleh Nahdlatul Ulama Online Jakarta (NUOnline Jakarta), yang waktu pendaftarannya dibuka hingga 14 Januari 2023, lalu.


Adapun dewan juri dari lomba foto tersebut yaitu, Sekjen Pewarta Foto Indonesia, Hendra Eka (Fotografer Jawa Pos), Arie Basuki (Fotografer Merdeka.Com), dan Junaidi Mahbub (Pimpinan Umum NU Online Jakarta).


Foto yang mendapat juara 3 ini berjudul "Mengais Rezeki dari Sampah", yang direkam dari TPA Mancani, Kota Palopo.


Terdapat 237 foto yang dilombakan dari 79 peserta yang mengikuti event ini dan diikuti secara nasional.
"Ada 237 frame, semua karya foto yang dikirim sangat luar biasa, penjurian sangat seru, sempat terjadi perdebatan antara dewan juri," ujar Direktur NU Online Jakarta, Septiawan, yang turut hadir saat penjurian.


Mantan Ketua Pewarta Foto Indonesia - Jakarta (PFIJ) ini memberikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada para peserta dan dewan juri yang telah mensukseskan event ini.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam lomba ini, kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Dan untuk peserta yang belum beruntung semoga menang di event lomba selanjutnya," ujarnya.


Adapun Juara I Lomba Foto Jurnalistik "Sampah Plastik dan Lingkugan Hidup" diraih Sumaryanto Bronto (Media Indonesia) dengan judul "Sampah Plastik di Kedalaman Laut". Juara 2 diraih Risky Cahyadi (Harian Tribun Medan) dengan judul Orangutan Cari Makan di Tumpukan Sampah. Juara 3 diraih Idris Prasetiawan (Palopo Pos) dengan judul Mengais Rezeki dari Sampah. Juara Harapan 1 Nyoman Hendra Adhi Wibowo (Antara Foto Biro Bali) dengan judul Ultraman Bersihkan Pantai . Juara Harapan 2 diraih Rifkianto Nugroho (Detikcom) dengan judul foto Sampah Tutupi Saluran Air Menyebabkan Banjir. dan Juara Harapan 3 diraih Andrey Gromico (Sinar Harapan) dengan judul Mancing Ikan di Sungai.(idr)

  • Bagikan