Bhayangkari Luwu Juara Satu Napak Tilas Srikandi PP dalam Rangka Peringatan HJL/HPRL 2023

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, AMASSANGAN- Tim Bhayangkari Luwu keluar sebagai juara satu Napak Tilas Srikandi Pemuda Pancasila (PP) dalam Rangka Peringatan HJL/HPRL 2023

Juara 2 diraih oleh Pramuka SMPN 5 Palopo, Juara 3 diraih oleh Kelompok Wanita, Mama-Mama Sayang Kota Palopo.

Dalam rangka memaknai momentum Hari Jadi Luwu ke-755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-77,Dewan Pimpinan Cabang Srikandi Pemuda Pancasila se-Luwu Raya melaksanakan Lomba Napak Tilas Srikandi se-Luwu Raya.

Ketua Panitia Penyelenggaran Event tersebut, Sharma Hadeyang yang tak lain adalah Ketua DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kota Palopo dalam laporan singkatnya mengatakan bahwa kegiatan ini kami laksanakan sebagai wujud rasa syukur sekaligus sebagai media untuk melestarikan Nilai-nilai Perjuangan Bangsa dari para tokoh pejuang dari Tana Luwu khususnya para Soekarno Muda yang telah mrngobarkan patriotismenya dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya 23 Januari 1946.

Napak Tilas ini dibuka langsung oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan, St.Diza Rasyid Ali sekaligus melepas 237 peserta yang berasal dari berbagai Organisasi Wanita, Mahasiswa dan Pelajar (utusan) se-Luwu Raya. Pada moment tersebut hadir pula Dandim 1403/Palopo, Kapolres Kota Palopo serta para undangan lainnya.

Sebelum peserta Napak Tilas ini dilepas secara resmi terlebih dahulu kita mendengarkan Kata Sambutan dari Dandim 1403/Palopo, Bapak Letkol Inf. Apriadi Nidjo, S.M.,M.IP.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan rasa terima kasih kepada para Kader Pemuda Pancasila khususnya DPC Srikandi Pemuda Pancasila se-Luwu Raya yang telah menggagas dan mampu melaksanan event yang memiliki nilai heroik yang luar biasa ini. Saya selaku Dandim sangat support dan siap mendukung pelaksanaan event seperti ini pada tahun-tahun berikutnya.

Sementara itu, Ketua MPW PP Sulsel, Diza Rasyid Ali juga dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Kader Srikandi Pemuda Pancasila se-Luwu Raya terkhusus kepada para panitia yang telah bekerja dengan baik dan maksimal untuk tetap mengibarkan Panji-Panji Pemuda Pancasila dalam berbagai kegiatan positif di tengah kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini juga menjadi bentuk penghargaan kita kepada Pahlawan Nasional dari Luwu Raya yang menjadi nahkoda tertinggi Peristiwa 23 Januari 1946, yaitu Andi Djemma bersama seluruh Tokoh Pejuang lainnya seperti : M.Jusuf Arief, M.Landau, M.Jusuf Setya, Andi Mackulau, Andi Achmad, dan lain-lain.

Para peserta memulai perjalanannya dari Lapangan Gaspa, melintasi Jalan Samiun kemudian masuk ke dalam Kawasan Istana Kedatuan Luwu, keluar menuju Jalan Landau, Jalan Yos Sudarso hingga finish di Tanjung Ringgit Kota Palopo.

Ketika peserta melintasi depan SalassaE Istana Kedatuan Luwu disambut oleh Datu Luwu XL, YM.H.Andi Maradang Mackulau, S.H, Opu To Bau.

Selaku Ketua Panitia, Sharma Hadeyang menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan kami ini antara lain Datu Luwu XL, Dandim 1403/Palopo, Kajari Palopo, Kapolres Palopo, Wakil Wali Kota Palopo, Dinas Perhubungan, Kepala Pelabuhan Palopo
serta Sponsor Utama PT Vale Indonesia. (rhm)

  • Bagikan