Diresmikan Bupati Lutra, Monumen Home Base Bungadidi akan Masuk dalam Buku Yonif R 700/WYC Makassar

  • Bagikan
BUPATI Lutra meresmikan Monumen Home Base Bungadidi turut dihadiri Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo, Komandan Yonif R 700/WYC Makassar, Letkol Inf Sarman. JUNAID/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA LILI -- Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani meresmikan Monumen Home Base Bungadidi, di Desa Bungadidi. Kecamatan Tana Lili, Luwu Utara, Sabtu 21 Januari 2023, pekan lalu.

Peresmian monumen Homabase Bungadidi turut di hadiri Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo, Komandan Yonif R 700/WYC Makassar, Letkol Inf Sarman, Ketua DPRD serta beberapa Anggota DPRD Luwu Utara, dan FKPPI se Luwu Raya serta purnawairawan TNI dan Istri Purnawiran Persit.

Monumen Home Base Bungadidi didirikan sebagai bentuk mengenang 50 Tahun hadirnya Home Base Bungadidi yang diinisiasi para anak rantau dan juga masyarakat Home Base Bungadidi.

Ketua Panitia Saltima Ri'pi Tanjong mengatakan monumen ini merupakan bangunan yang di hadirkan untuk mengenang perjuangan para orang tua kami perintis home base buyngadidi baik dalam tugas militer maupun membuka wilayah ini untuk menjadi tempat tinggal.

Ia juga menuturkan bahwa atas dasar kepedulian itu anak-anak home base bungadidi yang berada di rantau berinisiatif menyumbang untuk pembangunan monumen serta melakukan beberapa kegiatan sosial lainnya.

kemudian Saltima Sempat Menceritakan Kondisi Homebase Bungadidi 45 Tahun yang lalu, kondisinya belum seperti sekrang ini, karena kondisi jalan belum diaspal , kita jalan kaki ke sekolah dan Kita Bersyukur saat ini Homabase bungadidi sudah terlihat lebih baik ,jalan telah di aspal oleh Ibu Indah," terang Saltima.

Sementara itu, Komandan Yonif R 700/WYC Makassar, Letkol Inf Sarman mengatakan mengucapkan terimakasih atas Undangan dari Panitia, saat ini kami tengah mempersiapkan penerbitan Buku Yonif R 700 / WYC Makassar, karena itu ungkap perwira menengah TNI-AD ini, monumen Home Base Bungadidi akan kita masukkan dalam isi buku yang akan kami terbitkan nanti.

Masih kata Sarman, buku ini bertujuan untuk mengingat jasa jasa sesepuh Linud 700 yang ada di Home Base sekaligus menatap kedepan nya semakin solid.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menuturkan bahwa di Luwu Utara ada 4 home base, tertua ada di Mappedeceng selanjutnya Bungadidi, kemudian mariri salulemo serta yang terakhir adalah home base kanjiro.

Dari keberadaan home base tersebut, Lanjut Indah menjelaskan bahwa Ini menunjukkan kondisi keamanan idealnya harus terus aman karena keberadaan home base ini dan juga wilayah sekitar di huni oleh orang-orang yang penuh semangat mempertahankan NKRI.

Indah memberi apresiasi kepada penyelenggara kegiatan dan seluruh masyarakat home base bungadidi yang membangun monumen hingga di resmikan saat ini.

“Hal ini patut kita apresiasi. Setiap menomen yang di bangun tentu untuk mengenang dedikasi dan kejadian di masa lalu apa lagi ini tentang perjuangan militer, kehadiran monumen ini merupakan pilihan tepat sebagai sarana untuk mengenang, karena yakin saja kalau kita mau mencatatnya tidak cukup tinta untuk menuliskannya, ”Ungkap Bupati perempuan pertama di Sulsel.

Indah berharap semangat yang ada untuk terus terjaga. “Monumen ini menjadi saksi perjalanan, perjuangan dan semangat para orang tua kita dalam mempertahankan NKRI, kita berharap perjuangan dan semangat itu terus terpatri dan terjaga bagi kita generasi yang ada saat ini dalam membangun daerah tercinta kita ini,” tutupnya.

Kegiatan peresmian juga dirangkaikan dengan Peresmian Bedah Rumah Program Saltima Ri'pi Tangjong dan warga perantau serta penyerahan bingkisan kepada purnawairawan dan istri purnawairawan.(jun/idr)

  • Bagikan