Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga Buka Rakernas XI PMKRI di Tana Toraja

  • Bagikan

Pemukulan gong oleh Wamen Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga tanda pembukaan Rakernas XI PMKRI St. Thomas Aquinas tahun 2023 di Gedung Tammuan Mali Kecamatan Makale, Senin (23/1/2023). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XI Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI)
St. Thomas Aquinas tahun 2023.

Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah Rakernas PMKRI dihelat mulai tanggal 22 sampai 28 Januari 2023 di Gedung Tammuan Mali Kecamatan Makale, Senin (23/1/2023) kemarin.

Rakernas PMKRI tahun 2023 bertema ‘Peran Generasi Muda Menyongsong Indonesia Emas 2045’ dihadiri pula Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Faisal Abdullah.

Mewakili Gubernur Sulawesi Selatan yakni Plt. Kepala BPBD Provinsi Sulsel, Amson Padolo. Hadir pula Walikota Parepare, Taufan Pawe sekaligus sebagai narasumber dalam Rakernas XI PMKRI.

Hadir pula Sekjen Uskup Agung Makassar, I Made Markus Suma, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, Ketua Presidium PP PMKRI, Tri Natalia Urada, jajaran Forkopimda, Tokoh Adat dan Masyarakat, Akademisi, delegasi PMKRI se Indonesia dan mahasiswa Katolik serta tamu undangan.

Tri Natalia Urada dalam sambutannya mengatakan, Rakernas XI sebuah kesempatan untuk berbenah menjadi kader yang kokoh, tahan banting dan kreatif, sehingga dibutuhkan kader yang berani berubah dan mengkreasikan hal baru untuk mencapai cita-cita Indonesia emas 2045.

“Komitmen Bapak Presiden dan Wapres menjadikan Indonesia emas sebagai impian bersama, maka sebagai generasi muda PMKRI mengambil bagian mewujudkannya,” ujarnya.

Lanjut Natalia, PMKRI sebagai aset gereja maka melalui Rakernas mengerahkan tenaga dan waktu untuk strategis sebagai langkah menuju Indonesia emas 2045.

Menurutnya, kunci menyongsong Indonesia emas yaitu membangun ekonomi kreatif melalui pameran UMKM dalam membantu meningkatkan pariwisata di Toraja maka itu diharapkan bantuan dari Kementrian Perdagangan.

“Sebentar lagi Pemilu Serentak 2024 digelar, kita harus bebas dari pecah belah hanya karena kepentingan politik,” ungkapnya.

Natalia sekaligus menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak telah berkontribusi mendukung Rakernas XI PMKRI sehingga berjalan dengan baik dan berharap selama kegiatan berlangsung kader mendapatkan gagasan baik demi kemajuan organisasi.

Wamen Dr. Jerry Sambuaga dalam sambutannya berpesan kepada peserta Rakernas PMKRI agar terus bersyukur kepada Tuhan YME dan memasuki era globalisasi agar tetap kompetitif.

“Tetap kompetitif, bersaing dengan sehat dan menjadikan jejaring kita agar lebih baik, karena hal tersebut yang harus di bina dan di rawat untuk menjadi salah satu aset PMKRI,” ungkapnya.

Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) periode 2022-2027 itu menyampaikan ungkapan terima kasih kepada jajaran tamu undangan serta Forkopimda Tana Toraja dan Toraja Utara, para pastor, senior dan pengurus pusat PMKRI, pengurus AMPI dan rombongan Kemenpora dan Kemendag RI.

“Berikan kontribusi kepada bangsa dan negara melalui Rakernas XI PMKRI, kiranya Tuhan memberkati kita semua,” tutup Jerry.

Pembukaan Rakernas ditandai dengan pemukulan gong oleh Dr. Jerry Sambuaga didampingi tamu dan pejabat penting. (Risna)

  • Bagikan