Pilwalkot Palopo Ramai Figur

  • Bagikan

Para Bakal Calon Mulai Bangun Komunikasi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Palopo 2024 mendatang diprediksi bakal tarung bebas. Sejumlah kalangan dari berbagai latar belakang saat ini mewacana untuk maju, baik dari kalangan politisi, pengusaha, dan birokrasi.

Beberapa nama yang disebut maju 01 Kota Palopo adalah Ketua Golkar Palopo yang juga Wakil Wali Kota Palopo, Dr Rahmat Masri Bandaso (RMB), Ketua PPP Palopo, Haidir Basir (HB), Muhammad Kamal Dakka (MKD), Dr Akhmad Syarifuddin alias Ome, Farid Kasim Judas (FKJ), Irbar Pairing Senobua, Bangun Tangke Padang (BTP), Alfri Jamil (Ketua PDIP) Palopo, Irwan Hamid (Legislator DPRD Sulsel asal PKB), Budi Sada (Ketua Partai Gelora) Palopo, Hj Nurhaenih (Ketua DPRD Palopo), Harisal A Latif (legislator DPRD Palopo) dan Hj Hasriani (Ketua Gerindra Palopo), H Jamaluddin Nuhung (mantan Sekkot Palopo), Abdul Rauf Rahim (RR), dan dr Nasaruddin Nawir.

Bahkan nama-nama di atas mulai saling komunikasi untuk saling berpaket. Contohnya RMB (Ketua Golkar Palopo) membidik calon wakilnya dari kalangan non parpol (pengusaha) yang akan dijadikan pengurus parpol. Lalu, ada birokrasi yang membidik sesama birokrasi, sebut saja FKJ membidik pasangannya dr Nasaruddin Nawir yang juga pemilik RS St Madyang.

Lalu ada pengusaha Muhammad Kamal Dakka (MKD) yang santer mulai disebut-sebut akan berpasangan dengan Abdul Rauf Rahim (RR) mengarungi Pilwalkot Palopo 2024, mendatang.
Hanya saja, hal tersebut masih sebatas pembicaraan warung kopi. Seperti yang disampaikan Muhammad Kamal Dakka (MKD) di sela-sela acara Ngopi Bareng Ilham Aarief Siradjuddin (IAS) di Icon Cafe, Selasa 24 Januari 2023, lalu.

Kamal Dakka mengatakan, dirinya akan maju 01 Pilwalkot Palopo. Bahkan ia dengan tegas menyebutkan siap kalah sebagai 01 asal jangan sebagai 02. Yang artinya, kursi jabatan Wali Kota Palopo adalah harga mati.
Terkait dengan pasangannya nanti, banyak yang bilang akan menggaet Rauf Rahim (RR), mantan Ketua Nasdem Palopo yang juga mantan anggota DPRD Palopo. Hal itu, dijelaskan Muhammad Kamal Dakka yang akrab disapa MKD, itu hanya sebatas wacana.

Kamal Dakka mengatakan, sampai saat ini bahkan dirinya belum bergabung ke salah satu parpol di Kota Palopo. Artinya masih belum terikat. Jadi potensi untuk mendapatkan kendaraan parpol ke depan masih terbuka lebar, dengan tentunya juga masih menunggu hasil Pileg 2024 yang lebih dahulu digelar daripada Pilwalkot Palopo.

"Kan hasil Pileg 2024 jadi penentu parpol ini apakah bisa mengusung sendiri calon atau koalisi. Dan tentunya koalisi bukan hal yang mustahil, untuk lebih memperkuat posisi politik ke depan. Nantilah kita lihat pakai partai apa setelah ada hasil Pileg," sebut MKD yang juga dikenal sebagai pengusaha kapal.
Adapun saat ini, kata MKD, ia lebih memperkuat jaringan relawan hingga ke tingkat kelurahan.

RMB
Sementara itu, RMB, bukan rahasia lagi untuk meramaikan persaingan tersebut. Ia dengan tegas menepis isu dirinya akan fokus maju Caleg DPRD Sulsel. Ia hanya akan fokus menatap Pilwalkot Palopo 2024.

Demikian pula halnya Haidir Basir(HB). Salah satu mantan dari kalangan birokrasi Pemkot Palopo ini turut dipastikan menjadi calon Wali Kota ke depan. Itu pula terlihat keberadaan HB yang memegang kepemimpinan partai politik PPP di Palopo.

Figur Potensi Maju 01 Pilwalkot Palopo 2024

Dr Rahmat Masri Bandaso (RMB) : Ketua Golkar Palopo/Wawali Palopo
Haidir Basir (HB) : Ketua PPP Palopo
Muhammad Kamal Dakka (MKD) : Pengusaha Kapal
Dr Akhmad Syarifuddin (Ome) : Komisaris BPJS Kesehatan
Farid Kasim Judas (FKJ) : Birokrasi
Ir Irbar Pairing Senobua : pengusaha
Dr Bangun Tangke Padang (BTP) : pengusaha
Alfri Jamil : Ketua PDIP Palopo
Irwan Hamid : Legislator DPRD Sulsel PKB
Budi Sada : Ketua Partai Gelora Palopo
Dr Hj Nurhaenih : Ketua DPRD Palopo
Harisal A Latif : Mantan Ketua DPRD Palopo
Hj Hasriani : Ketua Gerindra Palopo
H Jamaluddin Nuhung : Mantan Sekkot Palopo
Abdul Rauf Rahim (RR) : Pengusaha/politisi Gerindra
dr Nasaruddin Nawir : Owner RSU St Madyang

  • Bagikan