Ombas Resmikan Gedung Gereja Toraja Jemaat Buntu Lobo’, Sekaligus Perkenalkan Istrinya Ibu Ombas

  • Bagikan

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang didampingi Sekda Salvius Pasang,Sekum BPS Gereja Toraja Pdt. Chritian Tandulangi,M.Th , Kadis PUTR Paulus Tandung saat peresmian Gedung Gereja Toraja jemaat Buntu Lobo', jumat ,27 Januari 2023.--albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang SE., M.,Si kembali meresmikan Gedung Gereja Toraja, yang kali ini bertempat di Jemaat Buntu Lobo, Lembang Buntu Lobo', Kecamatan Sesean, Jumat ,27 Januari 2023.

Pembangunan Gedung Gereja Toraja Jemaat Buntu Lobo ini merupakan hibah belanja pembagunan Fasilitas Ibadah Tahun Anggaran 2022 oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), yang dananya bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah(APBD) kabupaten Toraja Utara dengan nilai kontrak sebesar Rp849.004.000. Pelaksana CV. Aulia Prima Tehnik dan Konsultan Supervisi CV.Ara Putra Konsultan.

Dalam sambutannya, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang menyampaikan bahwa nanti di tahun 2025 akan dilanjutkan pembangunan rumah ibadah. Karena, tahun 2023 Pemerintah Daerah akan fokus dalam pembangunnan infrastruktur jalan dan jembatan, termasuk jalan dmenuju ke Lembang Buntu Lobo' akan diaspal.

"Meski bangunan sudah bagus kalau tidak ditunjang dengan infrastruktur jalan yang mulus, akan berdampak. Misalnya nantinya jika pendeta, pastor, atau masyarakat pergi melayani. Karena jalan yang rusak, bisa mengakibatkan kecelakaan. Sehingga, tidak lanjut ke tempat pelayanannya. Tapi, kalau jalan sudah mulus, pasti mulus juga dalam perjalanan. Benar tidak,'' kata Ombas yang disambut tepuk tangan oleh ratusan warga Buntu Lobo'.

''Jadi kita fokus di tahun 2023 untuk pembangunan fisik," jelas Ombas.

Di tahun 2024 kenapa tidak ada bangunan fisik dan lainnya, karena 2024 ada pemilihan legislatif dan Pilkada. Jadi perhatian tertuju ke situ untuk anggaran KPU, Bawaslu, Keamanan, dan sebagainya. Termasuk ada sidang raya PGI. Sehingga tahun 2025 baru memasukkan dalam program.

Juga ada beberapa masukan dari para pendeta yang di pelosok menyampaikan keluhannya untuk pengadaan motor trail. ''Saya katakan oke nanti di tahun 2025. Jika Tuhan berkehendak, sehat, dan terpilih kembali kedua kalinya kita programkan pengadaan motor trail bagi pendeta yang melayani di daerah pelosok,'' katanya.

"Nanti motor trail itu apakah dua atau tiga unit, kita akan serahkan ke BPS Gereja Toraja. BPS yang akan memberikan kepada para pendeta yang layak diberikan khususnya yang bertugas di pelosok. Karena, kami dari Pemerintah daerah tidak bisa melangkahi aturan organisasi," ungkap Ombas.

Untuk diketahui bahwa Bantuan pembangunan rumah ibadah ini , bukan hanya Gereja Toraja saja. Tapi, juga ke Gereja Katolik yang dapat dua Pastoran yakni di Pangala' dan di Lili'kira juga sudah diresmikan.

Untuk Gereja Pantekosta, Kibaid dan Muslim dapat juga dalam bentuk tunai.

Menariknya, disela-sela sambutannya, Ombas sapaan akrab Bupati Toraja Utara ini memperkenalkan sang istri (Bu' Ombas), kepada ratusan warga jemaat Buntu Lobo .

"Ini mamanya anak-anak saya , mungkin bapak /ibu sudah lihat gambar balihonya bertebaran dimana-mana tapi itu fotocopynya yang ini aslinya," terang Ombas disambut tepuk tangan oleh masyarakat Lembang Buntu Lobo .

Pembangunan Gedung gereja Toraja jemaat Buntu Lobo', tertuang dalam berita acara yang ditandatangani oleh Kepala dinas PUPR Toraja Utara Drs. Paulus Tandung, M.,Si bersama Pdt.Christian Tanduklangi', S. Th,M.Th mewakili ketua BPS Gereja Toraja yang disaksikan langsung oleh Bupati Toraja Utara dan dilanjutkan penandatangan plakat prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Toraja Utara.

Turut hadir dalam Peresmian Gedung Gereja Toraja jemaat Buntu Lobo' yakni Sekda Salvius Pasang, Asisten 1 ,para Kepala OPD Se- Kabupaten Toraja Utara, Camat Sesean,para Kepala Lembang,Ketua BPL Buntu Lobo',Kepala RSU Pongtiku,Kepala Perusda dan para Kabid. (albert tinus)

  • Bagikan