17 Figur Potensi Maju 01 di Pilkada Lutra 2024

  • Bagikan

Mulai dari Politisi, Birokrasi, dan Pengusaha

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA -- Selain Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, di Luwu Utara juga mulai ramai dengan figur yang potensi maju 01 di Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Dari sejumlah rangkuman Palopo Pos, beberapa nama yang disebut-sebut punya kans maju sebagai 01 (bupati).
Seperti disampaikan Pengamat Sosial, Politik, dan Pembangunan Luwu Utara, Ilham Malletting mengatakan puluhan figur tersebut berasal dari berbagai profesi, ada politisi, pengusaha sukses, birokrasi, serta tokoh masyarakat.

Ilham menyebutkan figur tersebut di antaranya, Ir Triyono Kusnan (Ketua Partai Demokrat Luwu Utara) , Drs Marjono (Ketua Partai Gerindra), Karemuddin (Ketua PAN), Saltima Ri'pi Tandjong (Kader PDIP/pengusaha), H Mahfud Yunus (Golkar), Muh Fauzi, (Anggota DPR RI/suami Bupati Lutra Hj Indah Putri), Andi Rahim (Kader Partai Gelora dan Pengusaha), Suaib Mansur (Wakil Bupati Lutra), H Arsyad Kasmar (Ketua Umum BPP KKLR/ pengusaha), dr Andi Nasrum (mantan Kadis Kesehatan dan Tokoh Masyarakat), Ahmad Ridha (mantan anggota DPRD Lutra dan Pengusaha), Armiady (Sekda Lutra), Putri Dakka (Ketua Nasdem Lutra), Riswan Bibbi (anggota DPRD PKB), Drs Basir (Ketua Harian Partai Golkar juga Ketua DPRD Lutra), dr Annas Ahmad (mantan Direktur RSUD Pangkep), dan Ir Dewi Sartika Pasande (politisi Demokrat/CEO PT JAS Mulia).
''17 nama tersebut, ada yang berpeluang di posisi sebagai calon bupati dan ada yang posisi sebagai calon wakil bupati,'' sebutnya kepada Palopo Pos, beberapa waktu lalu.

Ilham mencoba merinci yang berpeluang sebagai calon bupati, di antaranya Andi Rahim. Menurutnya, Andi Rahim telah melakukan sosialisasi di masyarakat, sebagai Bakal Calon Bupati Luwu Utara 2024 mendatang.
Selain itu, ada nama H Arsyad Kasmar, pengusaha dan mantan Calon Bupati Luwu Utara lalu.

Kemudian, H Mahfud Yunus, anggota DPRD Luwu Utara dari Fraksi Golkar. H Mahfud saat ini juga telah melakukan sosialisasi di masyarakat sebagai Calon Bupati Luwu Utara. Kesiapan H Mahfud sapaan akrab anggota DPRD enam periode ini atau kurang lebih 30 Tahun di menjadi anggota DPRD. "Jika hasil survei saya bagus di masyarakat untuk maju sebagai calon Bupati Luwu Utara, maka saya nyatakan siap maju,'' kata H Mahfud yang juga mantan Ketua DPRD Luwu Utara.

Menurut H Mahfud, seorang calon Bupati atau wakil bupati yang akan maju bertarung di Pilkada, jika tidak ada hasil survei yang dimiliki, maka ibaratnya laksana orang masuk hutan tanpa kompas.

Karenanya dari sekian banyak kreteria , minimal ada tiga hal yang harus dimiliki seorang calon. Pertama bagaimana seorang kandidat harus meraih sebesar-besarnya elektabilitas. Artinya, rasa kedekatan lahir batin dengan masyarakat. Selanjutnya, bagaimana mendapatkan popularitas yang baik. Dan terakhir adalah memiliki Isi Tas (Duit), dan ketiga hal tersebut harus paralel, ungkap H Mahfud.

Saltima Intens Komunikasi
Salah satu figur calon yang disebut sangat serius maju 01 Lutra adalah politisi PDIP yang juga pengusaha, Saltima Ri'pi Tandjong.
Bahkan Saltima kini sudah rajin ke dapil untuk berkomunikasi dengan sejumlah tokoh masyarakat di Lutra.

Bahkan pada awal tahun 2023, lalu, ia bahkan membuat Monumen Home Base Bungadidi di Desa Bungadidi, Tana Lili, Luwu Utara, bersama warga Home Base yang diresmikan Bupati Lutra, Hj Indah Putri Indriani dihadiri Komandan Yonif R 700/WYC Makassar Letkol Inf Sarman dan Dandim 1403 Palopo Letkol Inf Apriadi Nidjo.

Abang
Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi yang juga suami Bupati Lutra Hj Indah Putri ini juga disebut akan melanjutkan kepemimpinan istrinya, maju pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Luwu Utara, 2024 mendatang.

Wacana Abang Fauzi yang juga suami Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani ini, maju di Pilkada Lutra, sehubungan masa jabatan istrinya sudah dua periode. Dan, wacana ini mulai ramai di media sosial yang sebagian nitizen menjagokan Abang Fauzi untuk bertarung di pilkada Lutra mendatang.

Selain kabar majunya Abang Fauzi, juga nitizen mulai memprediksi sejumlah nama paketnya nantinya. Di antaranya dari kalangan birokrat dan politisi.

Siapa saja bakal pasangan Abang jika maju? Di antara santer terdengar di kalangan politisi dan pengusaha adalah H Akhamd Ridha, pengusaha sukses Owner Alif Mart. Ada juga Ketua DPRD Drs Basir yang juga Ketua Harian Partai Golkar.

Ketua PAN Lutra Karimuddin yang Wakil Ketua DPRD Lutra disebut-sebut bakal dampingi Abang. Selain itu, ada nama Ketua Demokrat Ansar Akib. Untuk kalangan birokrat, muncul nama Sekretaris Daerah Luwu Utara Armiady. Ada juga nama Muchtar Jaya Kepala Inspektorat Lutra. Selain itu, Kadis Perhubungan Hakim Bukara, serta Rusdy Rasyid, Plt Kadis PUPR.

Wabup Suaib
Selanjutnya, nama Wakil Bupati Lutra, Suaib Mansur sangat berpeluang maju 01 di Pilkada Lutra. Namun kepada Palopo Pos beberapa waktu lalu, ia menyatakan masih akan fokus bekerja bersama Bupati Hj Indah Putri hingga akhir masa jabatan.(idr)

Sejumlah Tokoh Berpeluang Maju Pilkada Lutra 2024

Ir Triyono Kusnan (Ketua Demokrat Luwu Utara)
Drs Marjono (Ketua Partai Gerindra)
Karemuddin (Ketua PAN)
Saltima Ri'pi Tandjong (Kader PDIP/pengusaha)
H Mahfud Yunus (Golkar)
Muh Fauzi, (Anggota DPR RI/suami Bupati Lutra Hj Indah Putri)
Andi Rahim (Kader Partai Gelora dan Pengusaha)
Suaib Mansur (Wakil Bupati Lutra)
H Arsyad Kasmar (Ketua Umum BPP KKLR/ pengusaha)
dr Andi Nasrum (mantan Kadis Kesehatan dan Tokoh Masyarakat)
Ahmad Ridha (mantan anggota DPRD Lutra dan Pengusaha)
Armiady (Sekda Lutra)
Putri Dakka (Ketua Nasdem Lutra)
Riswan Bibbi (anggota DPRD PKB)
Drs Basir (Ketua DPRD Lutra)
dr Annas Ahmad (mantan Direktur RSUD Pangkep/ Bendahara BPW KKLR Suslel)
Ir Dewi Sartika Pasande (politisi Demokrat/CEO PT JAS Mulia)

  • Bagikan