Ramai Figur WTL Maju Caleg Pusat

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Tahapan pencalonan anggota legislatif mulai dari DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota baru akan dimulai pada 24 April 2023 hingga 25 November 2023. Namun, partai politik (Parpol) sudah mempersiapkan bakal Calon Anggota Legislatifnya (Bacaleg). Khusus untuk caleg pusat (DPR RI) di Tana Luwu cukup ramai, dan tersebar di sejumlah partai politik.

Dari rangkuman Palopo Pos dari sejumlah sumber, beberapa figur Wija To Luwu (WTL) yang akan maju caleg DPR RI dari Dapil Sulsel 3 ini. Yaitu, Partai Gerindra.

Penyusunan komposisi bakal calon legislatif sudah lengkap, bahkan diklaim melebihi kuota hingga 140 persen. Hal tersebut disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras usai konsolidasi politik di DPC Gerindra Palopo, Selasa 3 Januari 2023, lalu.

Dari wawancaranya kepada Palopo Pos, AIA menuturkan, Gerindra Sulsel sangat siap mengikuti Pileg 2024, bahkan banyak figur yang sudah mendaftar untuk maju sebagai caleg dari partai besutan Prabowo Subianto ini.

Khusus untuk Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3, kata AIA, beberapa nama yang sudah masuk dan berasal dari Tana Luwu, yaitu, Andi Unru Baso (Ubas), mantan Bupati Luwu Andi Muzakkar, dan Hj Aisyah Tiar Arsyad Kasmar.
Dengan komposisi caleg yang akan diusung nantinya, kata AIA, khusus untuk Pileg DPR RI di Dapil Sulsel 3, Partai Gerindra bertekad menambah perwakilannya di Senayan. Yang tadinya hanya 1 kursi, bisa menjadi 2 kursi.

PPP
Di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejumlah WTL akan maju di antaranya Darwis Ismail ST MM, ada Ketua DPC PPP Kota Palopo, H. Haidir Basir. Lalu ada Anggota DPRD Sulsel PPP Jabbar Idris.
Kepada Palopo Pos, pengurus DPP PPP, Darwis Ismail ST MM yang dihubungi mengungkapkan kesiapan dirinya kembali maju di Pileg, untuk kursi DPR RI dari Dapil Sulsel 3.

Darwis mengungapkan, PPP jika punya anggota DPR RI dari Dapil Sulsel 3 ini, akan mempriotaskan mengawal pemekaran Kabupaten Luwu Tengah di Senayan, dan menyatukan visi para kepala daerah se-Tana Luwu di 4 kabupaten kota dalam membentuk Provinsi Tana Luwu dan menjadikan Kota Palopo sebagai ibu kota provinsinya. Dan akan mengupayakan pembangunan kantor bupati persiapan di Walmas yang akan menjadi cikal bakal kantor Bupati Luwu Tengah.

Golkar
Di Partai Golkar, pertarungan menuju Senayan sangat sengit. Komposisi susunan daftar calon legislatif (caleg) juga sangat menentukan formasi yang akan diusung.
Informasi yang berhasil dikumpul, sejumlah tokoh WTL akan maju DPR RI di antaranya Andi Fauziah Pujiwatie Hatta dan Muhammad Fauzi.
Di Dapil Sulsel 3 hanya ada 7 kursi perwakilan ke Senayan. Para figur caleg pun kini berebut perhatian Ketua DPD Golkar Sulsel untuk dimasukkan dalam komposisi Caleg Golkar DPR RI.

PKB
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menargetkan "pecah telur" meloloskan perwakilannya ke Senayan pada Pileg Februari 2024, mendatang dari Dapil Sulsel 3.
Agar bisa mewujudkan target tersebut, figur bacaleg yang diusung bukanlah 'kaleng-kaleng, tetapi petarung.
Sekretaris DPW PKB Sulsel Muhammad Haekal mengatakan target bacaleg untuk Dapil Sulsel III yang juga tokoh WTL yaitu Anggota DPRD Sulsel Irwan Hamid.

PDIP
Di Partai PDI Perjuangan, ada Wija To Luwu yang juga akan maju ke DPR RI yaitu, Dr Abdul Thalib Mustafa.
PDIP saat ini sudah mendudukan satu kadernya di Senayan dari Dapil Sulsel 3. Untuk itu, Pileg 2024, PDIP juga menargetkan akan kembali menambah kursi keterwakilan di Senayan, menjadi 2 kursi.

Demokrat
Partai Demokrat juga bertekad untuk tetap bisa menempatkan kadernya di Senayan pada Pileg 2024, mendatang. Kalau bisa bertambah, dari satu menjadi dua figur yang lolos DPR RI. Saat ini di DPR RI, Partai Demokrat dari Dapil Sulsel 3, baru satu menempatkan perwakilan yakni, Muhammad Dhevy Bijak. Putra dari Wakil Bupati Luwu yang juga Ketua DPC Demokrat Kabupaten Luwu, Syukur Bijak.
Untuk menambah kursi, tokoh WTL dan Toraja juga bergabung ke Partai Demokrat, yaitu Ir Dewi Sartika Pasande.

PKS
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga kembali menargetkan ada perwakilannya duduk di Senayan. Pasca Pileg 2009, lalu, PKS tidak punya lagi kader di Senayan dari Dapil Sulsel 3. Dimana kala itu, PKS mendudukkan Andi Rahmat sebagai perwakilannya di pusat.
Untuk Pileg 2024 mendatang, PKS mendorong WTL maju, salah satunya mantan Anggota DPRD Sulsel, Hj Andi Jahida.

PAN
Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Sulawesi Selatan (DPW PAN Sulsel) membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) sejak April 2022, tahun lalu sampai saat ini.
Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi menyatakan bacaleg PAN di Dapil Sulsel III masih kurang.
Salah satu WTL yang akan kembali maju adalah mantan Anggota DPR RI 2 periode, Amran SE. Nama Amran SE sangat dikenal di Tana Luwu dan Toraja. Pengalaman sebagai anggota DPR RI dua periode sejak 2009-2019, tentunya masih memiliki basis massa.

NasDem
Partai NasDem juga menargetkan menambah kursi di Dapil Sulsel 3. Dari 2 kursi saat ini menjadi 3 kursi. Beberapa nama WTL yang masuk komposisi caleg untuk 2024 yaitu, Ketua TP PKK Luwu, Dr Hj Hayarna Hakim, dr Ani Nurbani, dan Agustini Karno. (idr)

Nama-nama WTL yang Disebut Maju Caleg DPR RI 2024

Partai Gerindra
Andi Unru Baso (Ubas), mantan Bupati Luwu Andi Muzakkar, dan Hj Aisyah Tiar Arsyad Kasmar

PPP
Darwis Ismail ST MM, Ketua DPC PPP Kota Palopo, H. Haidir Basir, Anggota DPRD Sulsel PPP Jabbar Idris.

Golkar
Andi Fauziah Pujiwatie Hatta dan Muhammad Fauzi.

PKB
Anggota DPRD Sulsel Irwan Hamid.

PDIP
Dr Abdul Thalib Mustafa.

Demokrat
Muhammad Dhevy Bijak dan Ir Dewi Sartika Pasande

PKS
Mantan Anggota DPRD Sulsel, Hj Andi Jahida

PAN
Mantan Anggota DPR RI 2 periode, Amran SE.

Nasdem
Ketua TP PKK Luwu Dr Hj Hayarna Hakim, dr Ani Nurbani, dan Agustini Karno

  • Bagikan