Ketum PMTI Mayjen TNI (P) Yulius Selvanus Lumbaa Lantik Pengurus Wilayah PMTI di Provinsi NTT, Ini Pesannya

  • Bagikan

Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa saat melantik pengurus wilayah PMTI Provinsi NTT. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, melaksanakan pelantikan pengurus wilayah Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masa bakti periode 2023-2028 .

Sekjen PMTI Dating Palembangan melalui sambungan WhatsAppnya Minggu,5 Februari 2023 mengatakan Pak Ketum telah melakukan pelantikan pengurus wilayah di Provinsi NTT di Kupang Sabtu,4 Februari 2023 .Dimana dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa PMTI yang membawahi berbagai organisasi Toraja yang berbeda nama . Saat ini, dinamika kemajuan jaman dan masyarakat Toraja ada dimana-mana, sehingga perlu menyamakan tujuan untuk membangun Toraja.

"Sangat di apresiasi dengan budaya Toraja yang bercirikan ramah adat Tongkonan sebagai tempat melakukan berbagai acara ritual,baik acara rambu tuka' (kesenangan) dan rambu solo' (kedukaan)"Kata Sekjen PMTI yang digadang -gadang bakal calon Bupati Toraja Utara pada Pilkada serentak tahun 2024 .

"Semoga PMTI turut mendukung pemerintah dalam memajukan Toraja
Dengan filosofi dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung tinggi, karena di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini adalah Tanah tinggi toleransinya. Diminta kepada masyarakat Toraja tetap berperan dalam pembangunan NTT namun tetap mengingat kampung halaman," harap Ketum PMTI menutup kata sambutannya.

Selain itu, Ketum PMTI juga menitipkan masyarakat Toraja kepada Gubernur, Forkopimda, dan KKSS untuk menjadi pembimbing. Juga Danrem 161 memperkenalkan diri kepada masyarakat Toraja NTT. Kiranya diterima menjadi keluarga besar dan juga rumah terbuka untuk semua bagi masyarakat Toraja.

Sekjen PMTI juga menyampaikan terkait sambutan dari Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disampaikan asisten ll katanya NTT ada istilah tanam jagung panen sapi. Kiranya PMTI ke depan dapat berkolaborasi dalam memajukan NTT.

Banyak organisasi karena tidak mampu mengikuti perkembangan maka akan mati.

Supaya PMTI tetap eksis kerjasama pengurus anggota sangat diharapkan dan bersinergi dengan lingkungan sekitar.
Lakukan konsolidasi dan memetakan potensi anggota untuk mendukung pembangunan NTT .

"Atas nama Pemerintah Propinsi,saya menyampaikan selamat dan diharapkan mampu memajukan Toraja dan bekerjasama dengan etnis lain karena itulah kekayaan bersama,dan Mengajak seluruh masyarakat Toraja di NTT bahu membahu Berkontribusi dalam pembangunan NTT" pungkas Asisten ll Provinsi NTT

Sementara itu lanjut Sekjen PMTI dalam sambutan Ketua KKSS Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) H. Muhammad Darwis mengajak masyarakat Toraja di NTT bersinergi dengan sesama anak bangsa dari berbagai suku bangsa.

"Ada tiga kiat merantau. Yaitu kejujuran, tutur kata, dan pegang teguh petuah leluhur. Karena, akan mengandung kebenaran kelak. Oleh sebab itu, PMTI yang lahir 19 tahun lalu, perlu berkontribusi bagi tana leluhur membangun Tana Toraja, Toraja Utara, dan Mamasa," katanya.

Ketua KKSS Provinsi NTT juga mengatakan sangat diharapkan keterpanggilan diaspora untuk mengatasi ketertinggalan dan kemiskinan di tanah leluhur.

Tanah leluhur ditinggalkan oleh diaspora yang cerdas dan mengirimkan dana ke tanah leluhur sebagai wujud kecintaannya.

"Marilah kita pikirkan supaya tanah leluhur tetap dihuni oleh orang Toraja yang cerdas. Sehingga, tanah leluhur makin maju. Potensi Bapa/ ibu yang diperantauan bekerja semaksimal mungkin untuk memaksimalkan kemampuan Lewat program program PMTI. Karena, PMTI hadir, untuk wadah pemersatu dalam rangka bekerjasama dan lebih kompak dalam berbagai hal,'' jelas Ketua KKSS Provinsi NTT. (albert tinus)

  • Bagikan