Basmin-Hayarna Diundang Resmikan Gapura Kembar

  • Bagikan

Bupati Luwu H Basmin Mattayang dan Ketua TP-PKK Luwu Hj Hayarna Basmin Selasa (7/2/2023) meresmikan Gapura di Desa Babang dan Desa Riwang. --andrie islamuddin--

Dibuat Untuk Menghargai Prestasi dan Kinerja Selama Memimpin Luwu

PALOPOPOS.CO ID, LARSEL-- Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang M.Pd dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Basmin, SH, M.Si, Selasa (7/2) secara bersama meresmikan 2 Gapura kembar yang terletak di Desa Riwang Kecamatan Larompong dan di Desa Babang kecamatan Larompong Selatan.

Menariknya, kedua Gapura yang bentuknya sama persis itu merupakan penanda bahwa Desa Riwang kecamatan Larompong  adalah tempat dibesarkannya sosok Bupati Luwu dua periode H Basmin Mattayang, sementara Gapura di Desa Babang Kecamatan Larompong Selatan sebagai penanda tanah kelahiran sosok Hj Hayarna Basmin.

Kepala Desa Riwang Karsing S.AP, dalam sambutannya mengungkapkan Gapura yang menjadi pintu gerbang desanya tersebut dibangun dengan bertuliskan Tanah kelahiran Basmin Mattayang, merupakan bentuk apresiasi pemerintah da masyarakat desa Riwang atas kepedulian Basmin Mattayang terhadap masyarakat Desa Riwang sekaligus sebagai bentuk apresiasi atas kiprah sosok Basmin Mattayang sebagai tokoh pembangunan selama menjabat dua periode Bupati Luwu.

"Bapak Bupati H Basmin Mattayang adalah tokoh berpengaruh yang pernah lahir dan dibesarkan di Riwang. Beliau adalah sosok tokoh yang sukses memimpin daerah. Untuk itu karya-karya beliau di Kabupaten Luwu perlu dilanjutkan oleh generasi selanjutnya, " Ungkap Karsing seraya meminta masyarakat mendukung harapan-harapan Basmin Mattayang.

Gapura Bertuliskan Tanah Kelahiran Dr H Basmin Mattayang M.Pd di desa Riwang Larompong. --andrie islamuddin--

Senada hal itu, Kepala Desa Babang, Lindar, SE, dalam sambutan peresmian Gapura bertuliskan "Selamat Datang di Kou Desa Babang, tempat kelahiran Dr Hj Hayarna Basmin, SH, M.Si " mengatakan, Gapura itu dibangun di desanya merupakan bukti kecintaan masyarakat Babang kepada sosok Basmin Mattayang dan istrinya Hj Hayarna Basmin yang dilahirkan di Babang.

"Gapura ibu Hj Hayarna Basmin ini dibangun merupakan bukti kecintaan masyarakat Babang terhadap srikandi Hj Hayarna Basmin yang memiliki prestasi didalam kehidupannya. Beilau bukan hanya sosok ibu rumah tangga yang sukses mendidik anak-anaknya, tetapi sukses ikut mendampingi suami dan beliau sangat peduli kepada masyarakat. Untuk itu saya bersama masyarakat Desa Babang menilai, bentuk kepedulian dan pengalaman dalam memperjuangkan masyarakat dari sosok Ibu Hj Hayarna patut untuk di apresiasi dengan membantu Ibunda Hj Hayarna berkiprah di Senayan," Kata Lindar yang disambut tepuk tangan oleh ratusan tokoh dan masyarakat Desa Babang.

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd yang hadir didampingi Kepala dinas Kominfo Luwu H Muammad dan beberapa kepala OPD lingkup Pemkab Luwu mengatakan, dirinya memang dibeaarkan di Desa Riwang, dan atas dibangunnya Gapura tersebut dirinya memberi ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Riwang.

"Saya memang asli Larompong. Saya berterima kasih atas kebersamaan ini karena saya senantiasa menjaga hubungan silaturahmi. Insha Allah beberapa kekurangan yang masih ada di Desa Riwang akan kita lanjutkan. Terima kasih sudah memelihara kebersamaan ini dan telah membangun gapura bertuliskan tanah kelahiran saya, " kata Basmin.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Luwu, Hj Hayarna Basmin, dalam sambutan saat peresmian Gapura di Desa Babang mengatakan, Desa Babang adalah tanah leluhurnya dimana ia dilahirkan di kampung bernama Kou Desa Babang 61 tahun silam.

"Terima kasih pemerintah dan masyarakat desa Babang yang sudah membangun Gapura yang bagi saya keberadaanya sangat bernilai fundamental. Dalam kesempatan ini saya berjanji untuk senantiasa amanah dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada saya, termasuk amanah untuk maju ke senayan mejadi anggota DPR RI,'' kata Hayarna. (andrie islamuddin)

  • Bagikan