Pesawat Susi Air Dibakar KKB, Pilot Berkebangsaan Selandia Baru dan 5 Penumpang Termasuk Bayi Belum Diketahui Nasibnya

  • Bagikan
Ilustrasi Susi Air. Pilot Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY beserta penumpangnya sampai saat ini belum ditemukan. Petugas hanya menemukan pesawat dalam keadaan terbakar. (dok JawaPos.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAPUA-- Pesawat Susi Air ternyata dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Kini, pilot dan penumpang masih dicari. Belum diketahui bagaimana kondisinya saat ini.

Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Kabupaten Nduga -Papua, Selasa 7 Februari 2023.

Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter itu terbang dari Timika pada Selasa pukul 05.33 WIT.

Susi Air dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

Sang Pilot Susi Air bernama Captain Philips M berkebangsaan Selandia Baru dan membawa sebanyak lima penumpang termasuk satu bayi.

Lima penumpang itu masing-masing bernama Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.

Laporan atas kejadian ini dibenarkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri.

“Memang benar ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga,” kata Irjen Pol. Mathius Fakhiri, Selasa 7 Februari 2023.

Sementara itu, Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengatakan, hingga saat ini belum diketahui nasib penumpang dan pilot pesawat tersebut.

"Hingga kini kami masih belum mengetahui nasib pilot dan penumpangnya," kata Kombes Faizal di Jayapura, Selasa.

Faizal menjelaskan, pesawat itu dibakar saat berada di lapangan terbang Paro.

"Dari pengecekan yang dilakukan dari udara terlihat pesawat terbakar di ujung lapangan terbang Paro dan diduga dilakukan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata)," kata Kombes Faizal, seperti dikutip dari fin.co.id.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, saat ini tim gabungan masih terus mencari keberadaan pilot dan para penumpang.

"Terkait dengan perkembangan pilot dan penumpang yang diamankan KKB saat ini memang sedang dalam pencarian," kata Listyo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa kemarin.

"Kami tim gabungan dari Operasi Damai Cartenz saat ini sedang melakukan operasi pencarian, sedangkan untuk hasilnya nanti akan kami informasikan," tambah Listyo. (*/fin/pp)

  • Bagikan