Hari Ini, Airlangga Hartarto Kunjungi PT Vale

  • Bagikan
Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Hari ini, Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dijadwalkan akan mengunjungi Bumi Batara Guru (Luwu Timur).

Hal tersebut dibenarkan Wasekjen DPP Partai Golkar yang juga Caleg Golkar DPR RI Dapil Sulsel 3, Hasrul Rahman, SE saat dikonfirmasi, Kamis malam 9 Februari 2023.

"Iye betul Pak Ketum AH akan ke Lutim. Tetapi bukan acara partai, tetapi acara Kementerian Perekonomian. Melihat PT Vale," kata Bang Jack sapaannya.

Sebelumnya di akhir tahun 2022, lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga mengunjungi PT Vale.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia itu terkesan dengan praktik pertambangan yang dilakukan PT Vale Indonesia. Menurut Luhut, PT Vale membuat siklus pertambangan berkelas dunia dan telah menerapkan prinsip berkelanjutan mulai dari lingkungan, sosial budaya, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat. “Jadi perekonomian maju. Kita mau yang begitu,” ujarnya.

“Saya ingin perusahaan tambang di Indonesia menjadikan Vale sebagai salah satu contoh yang baik. Dan kita akan kasih sanksi jika ada perusahaan yang tidak patuh, apalagi masalah lingkungan. Pemerintah Indonesia sangat keras dengan masalah pengelolaan lingkungan (perusahaan tambang,” kata Luhut menambahkan.

Luhut menjelaskan, sejauh kunjungan kerjanya ke beberapa perusahaan tambang di Indonesia, PT Vale menerapkan good mining practices.
“Ini aset kebanggaan Indonesia. Kalau ada pikiran untuk melepaskan (PT Vale) ini berani mengatakan belum ada private sector kita yang siap. Saya sudah banyak melihat perusahaan semacam ini, yang siap adalah Vale,” tambah Luhut.(idr)

  • Bagikan