Ternyata, Pelaku Pajak Hanya Tahu Hanya Ada Polisi di Samsat

  • Bagikan

KANIT Regident Samsat Palopo, bersama mahasiswa dan Ormas, ketika menggelar tatap muka, Selasa, 14 Februari 2023. --kahar iting--

Turun Gunung, KRI Gandeng Mahasiswa Terima Saran dan Masukan Wajib Pajak

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Kurang lebih Rp37 miliar target yang dibebankan ke Kantor Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Palopo, bukan perkara mudah.

Tetapi apapun bisa dicapai, asalkan dibarengi dengan niat dan kerja yang ikhlas.

Seperti itulah yang nampak pada Samsat Palopo.

Tiga instansi yang berada dalam satu lingkaran (Samsat, red) yakni Unit Regident, UPT Dispenda, dan Jasaraharja kompak dalam segala hal.

Seperti yang dilakukan Kanit Regident (KRI) Iptu Kamaluddin SH, beserta staf dan jajarannya, Selasa, 14 Februari 2023.

Kamal, begitu sapaan akrab Kamaluddin, tuk kesekian kalinya 'turun gunung'.

Tidak hanya dia beserta jajarannya, tapi kali ini beda. Kamal, menggandeng Mahasiswa untuk turun ke lapangan mendengar langsung saran dan masukan dari pelaku pajak.

Unit Regident Samsat Palopo, turun langsung ke lapangan tidak terkecuali sekolah dan kampus yang ada di Kota Palopo.

Kamal, Goes To Campus dan School bersama dengan rekan-rekan kerja di Samsat baik perwakilan Dispenda maupun Jasa Raharja.

Terlihat Kamal dan beberapa rekan kerjanya di Samsat Palopo buka ruang tanya jawab dengan beberapa elemen masyarakat termasuk aktivis mahasiswa, pelajar, serta masyarakat terkait pelayanan Samsat Palopo.

Dan di situ baru terungkap jika sebagian pelaku pajak atau masyarakat di Kota Palopo, baru tahu kalau di Samsat bukan hanya polisi saja, tetapi ada UPT Dispenda, dan Jasaraharja.

Ditemui di Lokasi salah satu kegiatan mahasiswa Palopo yang diselenggarakan HMI Palopo yang di ikuti beberapa lembaga kemahasiswaan dan organisasi, Kamal mengatakan dia sengaja menggandeng mahasiswa dan beberapa Ormas untuk turun mendengar apa saran dan masukan semua wajib pajak khususnya di Kota Palopo terkait perbaikan pelayanan Samsat.

"Ya, kami berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa Palopo bisa membantu kami untuk memfasilitasi kegiatan ini," kata Kamal, siang tadi.

Kamal menambahkan ternyata cukup banyak informasi yang diperoleh dari kegiatan tersebut, termasuk beberapa masukan terkait perbaikan pelayanan.

"Sangat banyak juga yang baru tahu kalau di Samsat itu ternyata bukan hanya Polisi yang bekerja, tapi ada Dispenda dan Jasaraharja yang mempunyai tupoksi masing-masing, yang selama ini orang tahunya di Samsat adalah lalu lintas yang menarik pajak kendaraan," beber Kamal dengan sedikit tersenyum.

Salah satu aktifis HMI Heriani, mengatakan, dia pribadi baru tahu jelas kalau di Samsat itu bukan hanya polisi tapi ada juga orangnya Dispenda yang menetapkan besaran pajak kendaraan.

Selain itu, lanjut Hariani, ada juga Jasa Raharja yang menarik biaya simpanan wajib kecelakaan lalu lintas.

"Oh, ternyata seprti itu, terima kasih Bapak Kanit Regident, sudah memberikan kami informasi tentang pelayanan Samsat," ucap Hariani.

Di tempat terpisah Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin SH SIK MH, melalui Kasat Lantas Iptu Siswaji, memang ingin banyak mendengar saran dan masukan dari semua warga Palopo terkait pelayanan demi perbaikan.

"Salah satu yang kami lakukan membukakan layanan 24 jam untuk warga lewat hoteline. Termasuk saran dan masukan terkait pelayanan Samsat Regident," tutup Siswaji.(kahar iting)

  • Bagikan