Waspada! Tipes Sangat Menular

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI

Datang dari Makanan yang Tidak Bersih dan Juga Kelelahan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Penyakit demam tifoid atau tipes adalah infeksi bakteri yang bisa menyebabkan komplikasi serius bila tidak ditangani dengan tepat. Dimana penyebab tipes berasal dari serangan bakteri Salmonella typhi. Yang perlu diperhatikan, penyakit tipes sangat menular.

Demikian diungkapkan Kabid Pencegahan & Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palopo, San Ashari, SKM.,M.Kes kepada Palopo Pos, Senin 13 Februari 2023. Meski di Kota Palopo belum mewabah, namun masyarakat di Kota Palopo diminta waspada.

San Ashari mengatakan penularan penyakit tipes bisa lewat bakteri yang menyelinap di kotoran buang air besar (tinja) atau urine penderita.
Apabila sumber air terkontaminasi dengan kotoran atau urine penderita tipes, orang yang minum dari sumber air tersebut juga bisa ikut tertular tipes.

''Penyakit tipes paling rentan menyerang anak-anak dan orang dengan daya tahan tubuh lemah,'' sebutnya siang kemarin.
Di tahun 2023, sebut San sapaan akrabnya, penyakit tipes atau disebut juga typoid angkanya belum diketahui pasti dikarenakan datanya belum dirampungkan seluruhnya dari 12 Puskesmas dan 7 Rumah Sakit (RS) yang ada di Kota Palopo. Namun demikian jumlahnya tidak terlalu besar.
Pada tahun 2022, kasus tipes atau typoid sejak Januari hingga Desember itu ada 89 kasus.

''Tahun lalu, ada 89 kasus yang tersebar di 12 Puskesmas dan 7 Rumah Sakit. Alhamdulillah, pasien sembuh dan tak ada kasus meninggal dunia,'' jelasnya.

Sementara itu, dr Tenri Dio Nawir, S.Ked saat dikonfirmasi mengatakan, biasanya, tipes muncul selang satu sampai tiga minggu setelah penderita terpapar. Namun, ada pula yang mengalami gejala tersebut selang dua minggu setelah demam sembuh.

''Mengenai penyebabnya, tidak sedikit di antara kita yang menganggap bahwa tipes disebabkan oleh kelelahan. Anggapan masyarakat umum tentang penyebab tipes akibat kurangnya istirahat sebenarnya kurang tepat,'' kata dokter yang bertugas di Puskesmas Wara Utara Kota ini.

Menurutnya, faktor utama tipes adah dari makanan yang kurang bersih.
"Karena sebenarnya yang membuat kita kena tipes atau tifoid, adalah mengonsumsi makanan yang kurang bersih sehingga menyebabkan saluran pencernaan atau usus kita terinfeksi atau terkena bakteri salmonella typhi," jelasnya.
Bahkan, bakteri tersebut bisa menempel pada alat makan dan peralatan lainnya.

"Bakteri ini juga bisa menempel di tangan, atau peralatan makanan seperti sendok, piring dan lain lain. Tangan dan peralatan makanan yang kurang bersih, bisa menjadi penyebab penularan tipes," imbuh dr Tenri.
Kendati demikian, dr Tenri mengakui jika daya tahan tubuh yang turun akibat beban kerja berlebih dan istirahat kurang, juga jadi salah satu faktor penularan penyakit tipes.

Adapun ciri-ciri menderita tipes yakni Demam dengan suhu mencapai 39-40 derajat Celsius, sakit kepala, badan lemas, nyeri otot, tubuh banyak berkeringat, batuk kering, tidak nafsu makan, diare atau sembelit, ruam, dan perut membuncit.(rhm)

  • Bagikan