Jalan Trans Sulawesi di Luwu Mulus

  • Bagikan

Jalan Trans Sulawesi di Kabupaten Luwu yang terlihat mulus usai dilakukan overlay tahun 2022 oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan. --andrie islamuddin--

Apresiasi Kinerja BBPJN Sulsel di HUT Ke-17 Belopa
 
PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Kecamatan Belopa dan Belopa Utara sebagai Ibukota Kabupaten Luwu tanggal 13 Februari 2022 telah berusia 17 tahun. Infastruktur jalan poros trans Sulawesi yang melintas di Ibukota Belopa terlihat mulus sehingga ikut mendukung penataan estetika Belopa.

"Tahun 2020 hingga 2022 jalan trans Sulawesi cukup banyak lubang sehingga rawan terjadi Lakalantas khususunya didalam wilayah Ibukota Belopa. Alhamdulillah saat ini tahun 2023 nampak jalan trans Sulawesi di Ibukota Belopa cukup mulus dan mempercantik estetik Belopa, " Ungkap Kasatlantas Polres Luwu AKP HM Nawir S.Sos, Rabu (15/2/2023). 

 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.2 Satker PJN II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan, Muhammad Rizal, S.ST,

ASN Pemkab Luwu, Haidir selaku pengguna jalan yang kerap melintas di poros Trans Sulawesi Jalan Topoka Belopa, mengatakan, dirinya berkendara cukup nyaman saat ini di dalam wilayah Ibukota Belopa bahkan perjalan dari Palopo menuju Larompopng Selatan.

" Kami memberi apresiasi pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulsel karenajalan di Ibukota Blopa sangat mulus dan kendaraan berjalan lancar tidak tersendat. Bahkan jalan mulus cukup terasa sepanjang dari Bua hingga ke Larompong selatan, " kata Haidir.      

Terpisah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.2 Satker PJN II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan, Muhammad Rizal, S.ST, kepada Harian Palopo Pos Rabu (15/2) mengungkapkan, Jalan trans Sulawesi di dalam Ibukota Belopa sudah dibenahi pada tahun 2021 dan 2022.

"Tahun 2021 di intervensi dengan beberapa penambalan. Yang cukup besar di tahun 2022 dimana BBPJN Sulsel mengalokasikan anggaran Rp 18 milyar untuk penambalan dan overlay jalan trans Sulawesi di Kabupaten Luwu, termasuk 6 KM overlay satu badan jalan di dalam wilayah Ibukota Belopa," ungkap Rizal

Rizal menambahkan untuk tahun 2023, PPK 2.2 BBPJN Sulsel mengalokasikan anggaran Rp 56 milyar untuk menanganai paket preservasi jalan dan jembatan di sepanjang Bts. Kab. Wajo - Belopa - Palopo - Bts. Luwu Selatan, yang dilaksanakan oleh penyedia jasa PT. Wiratama Karya Nugraha.

Lokasi penanganan berupa pelapisan aspal 1 lapis (minor) dan 2 lapis (mayor) sepanjang 19,9 km yang tersebar pada 10 ruas jalan mulai dari Bts. Wajo/Luwu - Belopa - Palopo dan jalan arah ke Tana Toraja.

"Tahun 2023 ini ada penanganan overlay di Kabupaten Luwu dengan total panjang 15,5 KM, termasuk Rp 2,5 KM didalam wilayah Ibukota Belopa. Selain itu dilaksanakan pula pemeliharaan/rehabilitasi jembatan antara lain perkuatan abutmen J. S. Pareman, perbaikan lining/sandaran dan tiang/railing jembatan serta pembersihan sampah hanyutan pada jembatan," tandas Rizal (andrie islamuddin)

  • Bagikan