Toyota Agya Terbaru Resmi Mengaspal, Tampilannya Berubah, Berapa Harganya?

  • Bagikan
PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan Toyota Agya terbaru di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Senin (13/2). Foto: dok Dedi Sofian

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA SELATAN-- Akhrinya PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Agya terbaru di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Senin, 13 Februari 2023.

Mobil yang masuk di kelas low cost green car (LCGC) itu mendapatkan perubahan hampir semua sektor, mulai dari mesin hingga sasis yang digunakan.

"Hari ini kami hadirkan Toyota Agya yang tampil lebih sporty," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, Senin.

Secara desain, mobil kembaran Daihatsu Ayla itu hadir lebih styling. Hal itu terlihat pada bagian depannya. Siluet bodi dari samping menunjukkan postur tubuh yang gagah dan tampak lebih besar.

Kesan agresif juga ditampilkan oleh garis yang tampak tajam dan berkarakter.

Masuk ke dalam mobil, konsep horizontal desain memperlihatkan kesan lebih sporty dan berkualitas tinggi. Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa modern.

Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi, karena untuk menjaga ergonomi pengemudi lebih baik berkat pengaturan desain.

Toyota Agya terbaru kini dibekali dengan platform monocoque dan suspensi terbaru. Dengan perubahan tersebut, mobil itu diklaim sanggup meredam guncangan dengan lebih baik dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis.

Selain itu, siste, electronic power steering (EPS) turut ditingkatkan kinerjanya, sehingga lebih responsif dengan radius putar lebih kecil sebagai salah satu syarat utama city car.
"Hadirnya ESP dan suspensi terbaru itu untuk memberikan performance dan handling yang lebih superior," ungkap dia.

Toyota Agya terbaru memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm, dan wheelbase 2.525 mm.

Agya terbaru dilengkapi mesin baru berkode WA-VE berkubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Penerus tenaga mesin ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.

Hanya saja, Henry belum mengungkapkan berapa harga Toyota Agya terbaru yang akan dipasarkan di Indonesia. (jpnn/pp)

  • Bagikan