Reses Sejak 17 Februari, HMD Serap Asrpirasi Keagamaan

  • Bagikan

Anggota DPRD Sulsel Fraksi PAN, Dr H Husmaruddin saat reses di Istana Kedatuan Luwu, Kamis, 23 Februari 2023.
--ft: ikhwan/palopopos


* Pemkab dan Baznas Luwu Diharap Bantu Pendidikan Islam dan Rumah Ibadah

PALOPOPOS, BELOPA--
Sejak Jumat 17 Februari 2023 pekan lalu, anggota DPRD Sulsel Fraksi PAN, Dr H Husmaruddin SE MM (HMD) melaksanakan reses di Daerah Pemilihannya (Dapil) XI Tana Luwu.

Hari pertama (20/2), reses di Kec. Larompong Selatan dan Larompong. Hari kedua Selasa (21/2) di Desa Cimpu Utara Kec. Suli. Siangnya di Kec. Suli Barat. Hari ketiga Rabu (22/2) di Belopa. Dan hari keempat Kamis, 23 Februari 2023 di Palopo, reses bersama Datu Luwu di Istana Kedatuan Luwu LangkanaE.

Menurut HMD Anak Desa kepada Palopo Pos melalui WA, Kamis, 23 Februari 2023, banyak menyerap aspirasi terkait masalah keagamaan, terlebih menjelang bulan ramadan dan pembinaan generasi muda.

Saat reses di Larompong Selatan dan Larompong, membicarakan kegiatan majelis taklim dan pemberdayaan perempuan dalam rangka menunjang pembangunan generasi akan datang. Sorenya, menampung aspirasi kelompok tani, kepala desa, BUMDes, yang meminta Pemprov Sulsel dan Pemkab Luwu memberi intervensi terhadat pemerintahan desa terkait pendidikan, kesehatan, BUMNDes, dan terobosan wisata desa.

Reses hari kedua di Desa Cimpu, Kec. Suli, berkumpul dengan nelayan, aparat desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Di sana, fokus membicarakan penanganan daerah kumuh di pesisir seperti Cimpu Utara dan Cimpu. Kemudian kegiatan keagamaan, kegiatan PKK, dan aparat desa supaya mendapatkan perhatian dari Pemkab Luwu dan Pemprov Sulsel.

Siangnya, menuju Suli Barat, melakukan reses di SMAN 14 Luwu dengan menghadirkan perwakilan tokoh pendidikan per desa se Kec. Suli Barat. Serta pemerintah desa dan aparat desa sampai dusun, para kelompok tani, serta Persamil dan tokoh agama.

Hal menarik, masyarakat diminta untuk berpartisipasi menyiapakan generasi emas, terutama pelajar SMA/SMK. Yangmana dapat perhatian Pemprov dalam bentuk bantuan fisik paving blok. ''Insha Allah juga akan mendapat bantuan pagar dan bantuan smartphone dan smartscholl,'' kata HMD.

Lanjut HMD, Pemprov juga mengeluarkan edaran untuk anak-anak untuk menghafal juz amma sampai tamat SMA/SMK. Supaya bisa jadi modal untuk salat dan kegiatan keagamaan lainnya dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Begitupun, diharapkan bantuan bibit, baik bibit ikan, padi, jagung. Kemudian para petani mengeluhkan kelangkaan pupuk yang mereka rasakan.

Pada hari ketiga, HMD berkumpul dengan tokoh agama tingkat Kabupaten Luwu, pengurus Muhammadiyah dan Ortomnya, serta Ormas lainnya, dan pemerintah. Membicarakan tentang kegiatan keagamaan untuk persiapan menghadapi bulan ramadan.

Bagaimana menyiapkan umat menghadapi bulan puasa dengan baik, karena bulan Rajab ada peringatan Isra Miraj. Tokoh agama dan pemerintah, bagaimana kegiatan keagamaan back up generasi muda. Kemudian Ormas Islam beri saran kepada pemerintah untuk memberi perhatian khusus untuk bantuan pendidikan Islam, rumah ibadah, dan lainnya. Dengan mengintesifkan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS), supaya biaya sosial keagamaan disharingkan dengan Pemkab dan hasil pungutan Baznas. (ikh)

  • Bagikan