Ingin Bakar Kalori Tipis-tipis Tanpa Olahraga? Ini Tips dr Ana Adryana

  • Bagikan

dr Ana Adryana.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Membakar kalori tubuh tidak hanya dapat dilakukan melalui rutinitas berolahraga, seperti latihan kekuatan di gym atau berenang. Namun, ada cara lain. Lebih ringan dan santai. Yah, tidak hanya fokus olahraga yang rutin tiap hari.

Menurut Dokter Keluarga BPJS Kesehatan Palopo, dr Ana Adryana kepada PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Senin, 27 Februari 2023, ada beragam cara untuk membakar kalori yang tidak fokus olahraga semata. Tapi, menurutnya, ada tips ringan dan santai yang dilakukan.

dr Ana Adryana yang kini bertugas di PKM Wara Utara Kota ini, menjelaskan, membakar kalori tipis-tipis justru kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan, seperti memasak dan berkebun, naik sepeda, dan lainnya.

Berikut tips dr Ana Adryana supaya kalori di dalam tubuh bisa dibakar.

1. Jalan Kaki 2.000-3.000 langkah per hari.

Jalan-jalan pagi atau joging memang ampuh untuk membakar kalori. Makanya, dr Ana Adryana menyarankan supaya berjalan kaki 2.000 sampai dengan 3.000 langkah per hari dilakukan.

Menurutnya, manfaat gerakan ini tidak hanya memperkuat otot dan tulang. Tetapi juga dapat membuang kalori. Kamu bisa mulai gerakan ini dengan berjalan kaki dari rumah ke supermarket atau berjalan-jalan ke taman bersama hewan peliharaanmu di sore hari. Atau bisa bersama dengan keluarga seperti anak atau suami/istri.

Menurutnya, berjalan kaki bisa membakar lebih dari 200 kalori dalam 30 menit. Namun, jumlah ini sangat bergantung pada berat badan dan intensitas jalan kaki dilakukan.

Di samping itu, sebuah penelitian menunjukkan jika jalan cepat selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu bisa efektif dalam mengurangi gejala depresi berat. Bahkan, efektivitasnya diklaim hampir sama dengan kerja obat antidepresan.

Aktivitas ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Ini berarti risiko penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 dapat berkurang.

2. Bersepeda

Bersepada juga bisa membakar kalori. Makanya, Dona, sapaan akrab dr Ana Adryana  menyarankan bila ke luar rumah misalnya ke kantor atau ke tempat lainnya bisa dilakukan dengan bersepeda.

3. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga menurutnya dapat membakar kalori. Yah, daripada menggunakan lift atau eskalator, coba biasakan gunakan tangga jika tersedia. 

Naik-turun tangga menurutnya, dinilai efektif dalam membakar kalori tubuh. Aktivitas ini mungkin awalnya akan terasa melelahkan, tapi kalau sudah terbiasa, kamu akan merasakan manfaatnya.

Yah, setidaknya kamu bisa membakar sekitar 3–5 kalori per menit dengan menaiki tangga secara perlahan. Jumlah kalori yang dibakar akan semakin bertambah jika kamu melakukannya dengan lebih cepat, yaitu antara 10–15 kalori per menitnya.

4. Memasak

Memasak dalam waktu 30 menit bisa membakar kalori sekitar 75–111 kalori. Ketika memasak, tanpa sadar ada banyak aktivitas fisik cukup berperan dalam membakar kalori, seperti berdiri, memotong, mengangkat bahan makanan atau barang, dan berjalan.

Belum lagi kegiatan mencuci piring yang wajib dilakukan setelah memasak juga bisa membakar kalori tubuhmu.

5. Mencuci Mobil

Daripada kendaraan dibawa ke tempat pencucian mobil, lebih baik dicuci sendiri. Gerakan-gerakan dalam mencuci mobil sama dengan olahraga lainnya. Yah, di samping bisa membakar kalori, tentu tidak pergi jauh-jauh bawa ke tempat pencucian mobil dan membuat kita 'bete' antri menunggu.

6. Berkebun

Berkebun juga bisa membakar kalori. Menanam bunga atau lagi membersihkan pot-pot bunga di halaman rumah atau membersihkan kebun 'ampuh' membakar kalori.

7. Perbanyak Gerak di Kantor/Rumah

Kalau di kantor atau rumah jangan terlalu banyak duduk. Tapi, harus  banyak bergerak. Usahakan bisa bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Lebih bagus kalau kantor atau rumah berlantai dua atau lebih bisa naik turun lewat tangga.

8. Keliling Mall jalan Sambil Dorong Anak Pakai Stroller.

Kalau ke mall lebih bagus berkeliling. Di samping melihat-lihat apa yang baru, juga bisa membakar kalori. Apalagi, kalau membawa anak-anak. Di kasi naik ke stroller sambil didorong.

Berbelanja merupakan salah satu aktivitas yang dapat membakar kalori tubuh. Selain bisa sebagai olahraga ringan, berbelanja juga dapat mengaktifkan hormon dopamin yang membuat perasaan lebih senang dan mengurangi kecemasan.

Yuk, selamat mencoba. (rhm)

  • Bagikan