PSM Tunda Juara Pekan Ini, Imbang Saat Jajal Persita dan Persib Seri Persebaya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Upaya PSM Makassar untuk juara pekan ini tertunda. Itu setelah PSM bermain imbang 0-0 dengan Persita,  dan Persebaya Surabaya vs Persib Bandung berakhir imbang.

Persib Bandung menggagalkan kesempatan Persebaya memetik poin penuh dari Stadion Joko Samudro di pekan ke-30 Liga 1 2022/2023.

Sempat tertinggal 0-2, Persib membalas dua gol di babak kedua melalui bunuh diri Riswan Lauhin dan gol David da Silva.

Tambahan satu angka membuat Persib kini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 53 poin dari 28 pertandingan. Hasil itu sekaligus menunda pesta juara PSM Makassar yang bisa terjadi pekan ini.

Sebab di waktu yang sama, PSM gagal menang usai ditahan imbang Persita Tangerang 0-0 di Indomilk Arena. Ini membuat Juku Eja gagal memetik poin penuh dari Persita pada Senin (13/3) sore.

Padahal jika PSM berhasil menang dan Persib kalah, maka tim Juku Eja hanya butuh satu kemenangan lagi pada laga melawan Bhayangkara FC pada Jumat (17/3) untuk memastikan gelar juara Liga 1 2022/2023.

Tapi karena PSM dan Persib sama-sama imbang, dapat dipastikan tim Juku Eja tidak bisa memastikan gelar juara lebih awal pada pekan ini.

Artinya, PSM harus berusaha lagi meraih enam poin lagi agar selisih angka dengan Persib tak terkejar.

PSM sudah melakoni 30 pertandingan, artinya tim asuhan Bernardo Tavares itu tinggal memiliki sisa empat laga. Poin maksimal yang bisa diraih ada 12 dengan jumlah angka terakhir adalah 78.

Sementara Persib masih memiliki enam laga. Potensi tambahan 18 angka bisa membuat Persib mengemas 71 poin maksimal.

Oleh karena itu, PSM butuh minimal enam poin agar meraih total 72 poin sehingga tak terkejar lagi oleh Persib. Kesempatan itu bisa didapatkan PSM pada dua laga kontra Bhayangkara dan Madura United.

KARTU MERAH

Duel PSM Makassar versus Persita Tangerang diwarnai kartu merah.

Duel sengit yang berlangsung di Indomilk Arena Stadium, Senin (13/3/2023), kick-off pukul 16.00 Wita, berjalan ketat sejak menit awal.

Pemain Makassar, Yuran pun harus tertunduk ke luar lapangan usai melakukan protes yang keras dan berbuntut diberikan kartu merah.

Di laga ini, jual beli serangan terjadi dengan cukup intens. Namun sayang Persita tidak bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka untuk membobol gawang sang tamu.

Berkat tambahan satu poin ini, PSM masih kokoh di puncak klasemen BRI Liga 1 2022/2023 dengan raihan 66 poin sementara Persita tertahan di peringkat sembilan dengan raihan 38 poin.

Pada babak pertama, pertandingan dimulai dengan tempo sedang. Kedua tim masih berhati-hati dalam membangun serangan mereka.

Di menit ke-16, PSM mengancam melalui serangan beruntun dari Ricky Pratama, Rizky Eka dan Ramadhan Sananta. Namun sayang peluang ketiganya masih gagal berbuah gol.

Di menit ke-25 giliran Persita yang mengancam melalui tendangan bebas Yuran Lopes, namun sayang bola mengarah tepat ke pelukan Aditya Harlan.

Semenit sebelum babak pertama berakhir, PSM nyaris mencetak gol andai tendangan bebas Yuran Lopes tidak dipatahkan oleh penyelamatan gemilang Aditya Harlan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di jeda pertandingan kedua pelatih tidak melakukan pergantian pemain. Jadi jalannya pertandingan di awal babak kedua ini tidak berubah banyak.

Di menit ke-52, Ramadhan Sananta membuat pergerakan berbahaya di kotak penalti. Namun sayang ketika ia ingin menendang, bola berhasil dihalau oleh Charisma Fathoni.

Di pertengahan babak kedua, Bernardo Tavares mengganti trio lini serangnya. Ia memasukkan Everton, Yance Sayuri, dan Yakob Sayuri untuk menggantikan Ricky Pratama, Rizky Eka, dan Dzaky Asraf.

Trio serangan baru Juku Eja ini tampil berbahaya. Di menit ke-69, Everton memaksa Aditya untuk membuat penyelamatan spektakuler untuk menghalau sundulannya.

Di menit ke-74, PSM harus bermain dengan 10 pemain. Bek mereka, Yuran Lopes mendapatkan kartu merah setelah melakukan protes berlebihan kepada wasit.

Unggul jumlah pemain, Persita mulai meningkatkan intensitas serangan mereka. Serangan demi serangan diarahkan ke gawang PSM.

Persita terus menekan, namun hingga wasit meniupkan peluit panjang, pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

PSM kali terakhir dan satu-satunya menjadi juara Liga Indonesia pada 2000 saat masih diperkuat pemain seperti Kurniawan Dwi Yulianto dan Bima Sakti.

Meski musim ini sangat difavoritkan untuk menjadi juara Liga 1, pelatih PSM Bernardo Tavares enggan jemawa. (*/pp)

Susunan Pemain Persita Vs PSM Makassar

Persita Tangerang (4-3-3)

Adhitya Harlan; Fairuz Zaman Ohorella, Javlon Guseynov, Charisma Fathoni, Muhammad Toha; Dadang Apridianto, Rifky Dwi Septiawan, Ezequiel Vidal; Irsyad Maulana, Heri Susanto, Ramiro Fergonzi.

Pelatih: Luis Edmundo Duran.

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama; Agung Mannan, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa; Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Ananda Raehan, M Arfan, Rizky Eka Pratama; Ricky Pratama, Ramadhan Sananta.

Pelatih: Bernardo Tavares.

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1

  • Bagikan