Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sulsel Jalin Kerjasama dengan FKIP UIM, Dekan Puji Prestasi Peserta Didik Madrasah, Siapkan Jalur Khusus Bebas Tes

  • Bagikan

Dekan FKIP UIM, Badruddin Kaddas, Ph. D, bersama dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Drs Khaeroni, M.S.i, dan Kepala Bidang Madrasah, H. Muh Tonang, M.Ag. mendokumentasikan bersama usai menandatangani perjanjian kerjasama yg disaksikan oleh seluruh Kepala Madrasah Sulsel, pada saat pembukaan Rakor di Grand Town Hotel Maros. -ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel menandatangani kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar.

Kerjasama ini disaksikan seluruh kepala madrasah Sulsel di lantai 5 Grand Town Hotel Maros, Selasa, 14 Maret 2023.

Berdasarkan hasil kesepakatan itu, beberapa hal yang akan dikerjasamakan, seperti: pengembangan keprofesian guru berkelanjutan guru berkelanjutan, pengembangan madrasah berbasis digital dan riset serta pelaksanaan PPG untuk guru madrasah.

Selain itu, komitmen madrasah dalam terus mengembangankan kompetensi alumni madrasah kejenjang pendidikan yag lebih tinggi.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Pendidikan Madrasah mengucapkan terima kasih kepada Dekan FKIP UIM yang telah bersedia berkerjasama dengan kami.

''Saya mengapresiasi FKIP UIM yang terus mengembangakan dan menyiapkan sumber daya guru dalam mengembangkan pendidikan khususnya madrasah di Sulsel, salah satunya adalah beberapa dosen FKIP UIM yang telah menjadi instruktur nasional madrasah program PKB,'' katanya.

Madrasah Reform dan instruktur visitasi AKMI Kemenag serta menjadi asesor BAN S/M.

"Melalui MoU ini, saya berharap kepada para kepala Madrasah di seluruh Sulsel menyambut dan menindak lanjuti kerjasama ini. Hal itu penting, agar ada sinergitas madrasah dengan kampus dapat berkolaborasi dengan baik untuk memajukan pendidikan di madrasah" Jelas Muhammad Tonang.
Pada kesempatan itu, Dekan FKIP UIM memberikan terimakasih kepada kepala Bidang Pendidikan Madrasah yang telah memberikan kepercayaan kepada FKIP UIM untuk menjalin kerjasama.
"Saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Agama Sulsel yg bersedia bekerjasama dengan FKIP UIM memajukan Pendidikan khususnya Pendidikan di Madrasah di Sulsel" jelas Badruddin Kaddas.

Pada kesempatan yang sama, Badruddin Kaddas mengucapkan terimakasih kepada kepala Kanwil Agama Sulsel serta seluruh jajaran yg telah memberikan kehormatan yang luar biasa kepada FKIP UIM untuk bekerjasama dan bersinergi dalam mengembangkan pendidikan Madrasah.

Badruddin menambahkan bahwa sejauh ini madrasah di SulSel telah menorehkan berbagai prestasi di kanca nasional maupun di internasional.

Olehnya itu, FKIP UIM ingin mengapresiasi capaian para peserta didik itu dengan memberikan bebas tes masuk ke FKIP UIM.

Selain itu, para guru madrasah di SulSel juga akan difasilitasi untuk lanjut di pascasrjana UIM. Pada kesempatan ini, Badruddin memperkenalkan UIM khususnya FKIP dan pascasarjana UIM.

FKIP membina 5 jurusan untuk strata satu dan satu profesi, yakni: 1) S.1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2) S.1 Pendidikan Bahasa Inggris, 3) S.1 PGSD, 4) S.1 Pendidikan Guru PAUD, 5) S.1 Pendidikan Teknologi Informasi dan 6) Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Kepala Kanwil Agama Sulsel, Drs Khaeroni, M.Si dalam sambuatannya sekaligus membuka kegiatan Rakor, menyampaikan bahwa madrasah semakin maju dan semakin naik daun. Dia menambahkan madrasah sudah menjadi pilihan utama di masyarakat.

Oleh karena itu tepat kabid pendidikan madrasah mejalin kerjasama dengan FKIP UIM dalam mengembangkan pendidikan madrasah agar bisa semakin memacu prestasinya di kanca internasional khususnya dalam mengembangkan pendidikan berbasis digital dan riset.

Dalam acara ini turut hadir Wakil Dekan I FKIP UIM bapak Supriadi, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan 3 FKIP UIM bapak Ince Prabu Setiawan Bakat, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi PGSD bapak Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd, ketua prodi Pendidikan Bahasa Inggris ibu Jusmaniar. N, S.Pd., M.Pd, ketua prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ibu Erniati, S.Pd., M.Pd, Ketua prodi PG PAUD bapak Nasaruddin. R, S.Pd., M.Pd, beberapa dosen dan staf lingkup FKIP UIM. (rls/pp)

  • Bagikan