Hujan Deras Mengguyur Torut, Jalan Poros Serealia Longsor Tutupi Jalan

  • Bagikan

Kepala Lembaga Sereale Antonius Randalayuk saat berada di lokasi longsor yang menutupi jalan. Rabu, 15 Maret 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO - Curah hujan yang cukup deras mengguyur wilayah Toraja Utara,semalam mengakibatkan longsor menutup jalan , sehingga jalan tidak bisa dilalui baik kendaraan roda dua dan empat, pasalnya di lokasi longsor tersebut ada batu besar yang menutupi jalan akses jalan menuju ke Pangala', Ke'pe' dan Baru'pu serta ke Batutumonga .

Menurut Antonius Randalayuk ,Kepala Lembang Sereale Kecamatan Tikala Kepada PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Rabu, 15 Maret 2023 menuturkan, bahwa longsor yang terjadi sekitar jam setengah lima subuh terjadi longsor di wilayah to' Nanakan dusun Seraale ,Lembang Sereale, Kecamatan Tikala mengakibatkan akses jalan tertutup. Ini terjadi karena hujan yang deras cukup lama dari sore hingga malam.

"Saya mendapat laporan dari masyarakat sekitar jam setengah enam pagi dan jam setengah delapan saya langsung ke kantor penanggulangan bencana (BPBD) dan sudah koordinasi dengan kepala BPBD Pak Alexander Limbong Tiku. Dan, Pak Alex sudah menindaklanjuti meski beliau lagi ada tugas di Makassar. Alat berat excavator diusahakan masuk hari ini ," ujar Kepala Lembang Sereale ini.

Kepala Lembang Sereale berharap agar secepatnya jalan ini di perbaiki , sehingga akses jalan ini kembali digunakan oleh masyarakat banyak.

"Harapan saya bersama warga masyarakat secepat mungkin bisa kita bersihkan longsoran ,namun kendala yang sangat besar adalah batu besar yang ikut longsoran menutupi badan jalan. Sehingga kami masyarakat tidak bisa secara manual membersihkan longsoran karena batu besar tersebut sangat menutup akses jalan ,sehingga kendaraan baik roda dua dan roda empat tidak bisa lewat".

"Kami juga berharap agar pihak terkait secepatnya untuk bisa menangani longsor ini ,saat ini kami masih menunggu karena sudah kami menyampaikan dan sudah direspon siap untuk masuk alat berat hari ini," pungkasnya.

Saat ini alat berat excavator sudah berada di lokasi Longsor di Lembang Sereale, namun masih stanby .

"Alat berat excavator sudah berada dilokasi, tapi belum bekerja,besok pagi baru alat berat excavator bekerja membersihkan longsoran tanah dan batu besar yang menutupi jalan poros ini," pungkasnya.

Diketahui Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong bersama Sekda Salvius Pasang,Canat Tikala ,Kadis Perkintan,Para Babinsa dan Personel Polsek sudah mengunjungi lokasi Longsor ini. (Albert tinus)

  • Bagikan