Mesin Gol PSM Makassar, Ramadhan Sananta Dikabarkan Dilirik Klub Luar Negeri

  • Bagikan

Selebrasi Ramadhan Sananta Usai Cetak Gol Kemenangan PSM Makassar. --ig--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tampil ciamik di Liga 1 musim ini, penyerang muda PSM Makassar, Ramadhan Sananta, dikabarkan dilirik klub luar negeri.

Pemain yang baru berusia 21 tahun ini, sudah mencetak 10 gol dan 2 asisst dari 20 laga yang sudah ia mainkan bersama PSM Makassar di musim ini.

Torehan tersebut juga menjadikan sebagai top skor di tim PSM Makassar dan bersaing dengan para pemain asing.

Ramadhan Sananta juga menjadi penyerang paling produktif dari para penyerang lokal lainnya yang berkompetisi di Liga 1 musim ini.

Menurut pengamat sepakbola, Fadly Idris yang mendapatkan bocoran dari agen sang pemain bahwa kliennya sudah dilirik oleh banyak klub luar negeri.

“Bahkan agen pemain sekelas Gabriel Budi pun menjadi agennya itu sudah mengabarkan Ramadhan ini sudah dilirik oleh klub luar negeri,” kata Fadly Idris kepada Fajar.co.id, Rabu, 15 Maret 2023.

“Apalagi memang Ramadhan Sananta inikan menjadi salah satu market value atau tranfer market yang paling bagus di pemain lokal,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasannya, Ramadhan Sananta di musim tampil luar biasa. Harusnya memang layak mendapatkan hal tersebut.

“Setidaknya dengan produktivitas yang ditonjolkan oleh Sananta. Harusnya dia sudah layak mendapatkan hal tersebut,” pungkasnya.

Siapa sebenarnya Ramadhan Sananta?

Siapa sebenarnya Ramadhan Sananta?

Ramadhan Sananta adalah atlet muda Indonesia yang baru tahun 2022 bergabung di Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Kariernya jadi sorotan karena setahun sebelumnya, Ramadhan masih bertanding untuk liga 3. Saat ini ia dipercaya untuk memperkuat pasukan Garuda di Piala AFF 2022. 

Simak perjalanan profil dan biodata Ramadhan Sananta

1. Karier Sepak Bola Ramadhan Sananta

Cowok dengan tinggi badan mencapai 182 cm ini mengawali karier sepak bola dengan bergabung di klub junior Asian Schools Football pada tahun 2019.

Setahun kemudian ia masuk ke PPLP Kepulauan Riau. Setelah dua tahun berada di klub junior, di 2021 Ramadhan Sananta memulai karier seniornya. 

Pada tahun 2021 ia tampil 12 kali bersama PS Harjuna Putra untuk liga 3. Kemudian tahun yang sama, ia mendapat kontrak dari Persikabo 1973 sepanjang 2021-2022.

Saat bersama Persikabo, atlet asal Riau ini mencicipi permainan di liga 1, tepatnya pada 3 Februari 2022 melawan Bali United di Stadion Ngurah Rai, Bali.

Dari Persikabo, Ramadhan kemudian pindah ke PSM Makassar.

Debutnya bersama klub baru dimulai saat pertandingan melawan RANS Nusantara di Stadion Pakansari pada 15 Agustus 2022.

Ia mempersembahkan gol pertama untuk PSM ketika pertandingan di Persib Bandung, 29 Agustus 2022. 

2. Gabung Bareng Timnas hingga Tampil di Piala AFF 2022

Baru setahun yang lalu main di liga tiga, tahun 2022 Ramadhan sudah bergabung dengan Tim Nasional Indonesia. Shin Tae Yong memasukkan nama Ramadhan bersama 22 pemain lain untuk FIFA Match Day yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Pada 24 September, ia diterjunkan dalam laga persahabatan Indonesia melawan Curacao. 

Terbaru, striker satu ini diminta untuk memperkuat Timnas di Piala AFF 2022.

3. Jadi Brand Ambassador Toko Olahraga

Pada 15 November 2022, toko olahraga Enkai mengumumkan brand ambassador yang tidak lain adalah Ramadhan Sananta. Brand satu ini tidak lupa untuk memberikan dukungan kepada Ramadhan untuk debutnya di Piala AFF 2022. 

4. Biodata Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta
Nama asli: Muhammad Ramadhan Sananta
Nama panggilan: Ramadhan Sananta
Tanggal lahir: 27 November 2022
Umur: 21 tahun
Asal: Daik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau
Profesi: Atlet sepak bola
Klub: PSM Makassar
Posisi: Penyerang / striker
Tinggi badan: 182 cm
Instagram: @m.ramadhansn ( fajar/pp)

  • Bagikan