Lurah Rampoang: KKS hanya Untuk Bansos Covid-19

  • Bagikan

Kartu Keluarga Sejahtera atas nama Ilham Mus belum mendapat bansos tahun 2023. --ft: istimewa


* Tertera di Kartu Ilham Mus, Berlaku Sampai Dengan 08/2026

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RAMPOANG--
Sejumlah warga di Kota Palopo belum mendapat bantuan sosial (Bansos) tahun 2023. Di antaranya Happy Kalemben, warga Kelurahan Pattene, Kec. Wara Utara dan Ilham Mus, warga Kel. Rampoang Kec. Bara.

Sementara di wilayah kelurahan lain, sudah terima bantuan tersebut dalam bentuk uang tunai Rp400 ribu.

Lurah Rampoang, Amri yang dikonfirmasi Palopo Pos, Jumat, 17 Maret 2023 menjelaskan, pihak telah data warga tersebut. Menurutnya, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu gesek, hanya berlaku untuk bantuan sosial (Bansos) Covid-19.

"Kartu yang dipegang Ilham Mus itu, kartu Bansos Covid-19. Warga ini pernah terima bantuan sekira tahun 2021. Dan untuk saat ini sudah bebas Covid-19. Kemudian belum ada juga pencairan bantuan," kata Amri.

Sebelumnya, penggiat media sosial, Sulaiman Hasli Tangarang kepada Palopo Pos, (14/3) lalu, mengungkapkan, berdasarkan laporan masyarakat kepadanya, warga yang belum mendapat bantuan sosial (Bansos) tersebut atas nama Happy Kalemben, warga Kelurahan Pattene dan Ilham Mus, warga Kel. Rampoang.

Nama mereka tercatat di aplikasi DTKS Kemensos sebagai penerima manfaat. Mereka juga memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KS) yang berlaku sejak tahun 2021 sampai Agustus 2026.

Yang mereka pertanyakan, karena warga di kelurahan lain yakni MS (inisial), warga Kel. Tobulung, sudah menerima menerima Bansos dalam bentuk uang tunai senilai Rp400 ribu pada tanggal 10 Maret 2023.

Sementara Ketua RW4/RT2 Kel. Pattene, Yolpa yang ditemui Palopo Pos di Kantor Lurah Pattene, mengatakan, tidak benar informasi yang menyebut Happy Kalemben tidak pernah dapat bantuan sosial. Tiap tahun dapat bantuan Sembako berupa beras, telur, sayur-sayuran, dan lainnya.

Happy masuk kategori penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau kartu yang digesek. Bantuannya berupa beras, telur, dan bahan pangan lainnya. ''Untuk tahun 2023, memang belum diterima karena (bantuan BPNT) belum jalan,'' kata Yolpa yang merupakan ponakan dari Happy.

Kepala Bidang pada Dinas Sosial Palopo yang menangani Bansos, Ali yang dikonfirmasi Palopo Pos melalui telepon dan pesan WA, Rabu, 15 Maret 2023 lalu, tidak memberi merespon. Namun informasi dari pihak Dinsos menyebutkan, agar hal tersebut dilaporkan ke pihak kelurahan. (ria)

  • Bagikan