Basmin Puji Kinerja Bapenda Luwu

  • Bagikan
Kepala Bapenda Luwu Andi Palanggi, S.STP dan jajaran meraih juara II tingkat Provinsi Sulsel pada ajang Final ISC-Digifest 2023 di Makassar, Senin (20/3). Atas prestasi tersebut Bupati Luwu H Basmin Mattayang memberi apresiasi, dan memuji kinerja Bapenda Luwu pada acara penyerahan SPPT Selasa (21/3) di Aula Bappeda Luwu. ANDRI/PALOPOPOS

Sabet Juara II Ajang ISC-Digifest 2023 Tingkat Sulsel

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA -- Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd memuji kinerja Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Andi Palanggi S.STP dan jajaran. Hal ini menyusul Bapenda mewakili Pemkab Luwu berhasil menyabet juara II diajang Final Innovation Summary Competition (ISC) South Sulawesi Digital Festival (Digifest) Tahun 2023 di Makassar.

"Kalau Camat, Lurah dan Kepala Desa meraih reward atas prestasi mengumpulkan PBB-P2 tahun 2022. Kepala Bapenda Luwu Bapak Andi Palanggi dan jajaran perlu juga mendapatkan reward dan akan saya serahkan sendiri," Ungkap Bupati Luwu Basmin Mattayang pada acara Penyerahan SPPT PBB-P2 Tahun 2023 dirangkaikan Reward atas capaian kinerja Penerimaan PBB-P2 Tahun 2022 Selasa (21/3) di Aula Bappeda Luwu di Belopa.

Lebih lanjut Basmin dalam sambutannya mengungkapkan, pihaknya juga mendapatkan apresiasi dari Mendagri beberapa waktu lalu dalam hal pelayanan transaksi PBB-P2 dengan sistem digital.

"Pajak adalah dari rakyat, oleh rakyat untuk rakyat. Dan itu menjadi sumber utama pendapatan untuk membiayai pembangunan. Untuk itu, camat, Lurah dan Kades bersama jajarannya perlu memberikan pemahaman ke masyarakat untuk secara sadar membayar pajak mereka.

Mendagri juga telah memberi apresiasi atas kinerja transaksi digital ini bahkan meminta daerah lain berguru ke Kabupaten Luwu untuk transaksi digital untuk penerimaan pajak dan retribusi daerah" Kata Basmin.Kepala Bapenda Luwu, Andi Palanggi, mengungkapkan, pada Senin (20/3) lalu Bapenda Luwu mewakili Pemkab Luwu diundang sebagai satu dari 5 daerah sebagai finalis diajang ISC Digifest Tahun 2023 di Hotel Claro Makassar.

"Alhamdulillah, dari 5 besar tersebut kami berhasil meraih juara II diajang ISC Digifest 2023. Keberhasilan meraih juara II karena penilaian program Bapenda Luwu yaitu 'OTO QRIS' yaitu berupa pelayanan mobile atau jemput bola kepada masyarakat yang wilayahnya belum melek digital," ungkap Andi Palanggi seraya mengatakan dengan program OTO CRIS ditahun 2022 Bapenda mampu mendongkrak transaksi PBB-P2 hingga mencapai Rp 528 juta atau naik 50 kali lipat.

Untuk diketahui, Kantor Perwakilan BI Sulawesi Selatan mengundang Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd menghadiri babak final Innovation Summary Competition (ISC) South Sulawesi Digital Festival (Digifest) Senin lalu, dan Kepala Bapenda Luwu Andi Palanggi menghadiri acara BI yang dimaksudkan untuk menghimpun invovasi digital dibidang Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang telah dilakukan oleh organisasi perangkat daerah se-Sulsel selama tahun 2022.

Berdasarkan penilaian dewan juri, dari 12 daerah tersebut terdapat 5 daerah dengan nilai tertinggi dan melaju ke babak final. ke-5 daerah tersebut yaitu Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Luwu, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Sinjai dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pada Senin lalu Final ISC Digifest dilaksanakan di Hotel Claro Makassar dan Luwu meraih juara II.

Andi Palanggi dalam laporan pada acara penyerahan SPPT Selasa lalu di Aula Bappeda Luwu di hadapan Bupati Luwu mengatakan, penerimaan PBB-P2 di Kabupaten Luwu setiap tahun terus meningkat dan selalu mencapai target. Pada tahun 2021 target penerimaan PBB-P2 Rp 6,7 milyar mampu direalisasikan Rp 7,4 milyar lebih. Tahun 2022 target PBB-P2 sebesar Rp 9,7 milyar lebih mampu direalisasikan Rp 10,1 miliar lebih. Sementara untuk tahun 2023 ini target PBB-P2 sebesar Rp 10,9 milyar lebih. (and/idr)

  • Bagikan