63

Sambut HUT ke-62, Hutama Karya Gelar Program HK Peduli Pendidikan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-62, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menggelar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Pendidikan dan HK Peduli Kreatif di 6 (enam) lokasi sekitar proyek perusahaan yang berada di Provinsi Bengkulu, Banten, Denpasar, Riau, Sumatra Utara dan DKI Jakarta.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa HK Peduli Pendidikan dilaksanakan di sekitar Tol Bengkulu – Taba Penanjung, PLTU Suralaya, Proyek IGNG Ngurah Denpasar, Tol Pekanbaru – Bangkinang, dan The H Residence Amethyst Tower pada 9 – 17 Maret 2023 lalu. HK Peduli Pendidikan terdiri dari pemberian bantuan sarana dan prasarana pendidikan hingga program mengajar kepada para siswa/i.

“Total 17 sekolah yang terdiri dari ratusan siswa/i dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB yang berada di sekitar lokasi Cabang, Proyek, dan Anak Perusahaan menerima bantuan seperti alat praktek, alat permainan edukatif, dan seperangkat peralatan olahraga dengan total nilai ratusan juta rupiah,” ujar Tjahjo melalui rilis yang diterima Palopo Pos, Rabu, 22 Maret 2023.

Lebih lanjut Tjahjo menyampaikan bahwa HK Peduli Pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan berfokus pada nilai-nilai positif melalui penanaman karakter (character building), serta mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dari adanya pembangunan jalan tol di Pulau Sumatra.

“Selain berbagi sarana prasarana, kami juga menggelar kegiatan edukatif bagi siswa/i di sekolah yang menerima bantuan salah satunya di Bengkulu dengan program HK Mengajar. Dimana dilakukan pengenalan dunia konstruksi pada siswa tingkat SMK dalam bentuk teori dan praktik secara langsung sehingga para siswa memiliki pengalaman menarik serta gambaran mengenai dunia konstruksi yang lebih luas. Semoga program ini dapat menumbuhkan konsistensi terhadap continuous learning and improvement sebagai bagian dari budaya dan etos kerja yang harus dimiliki oleh seluruh Insan Hutama,” imbuh Tjahjo.

Selain itu, HK Peduli Kreatif juga diselenggarakan oleh Hutama Karya untuk mengedukasi terkait Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) dengan memberikan sertifikasi kepada 350 pekerja tol dengan uji kompetensi Pemasangan Besi dan Beton serta Pemasangan Batu Bata. Program ini turut menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yang diadakan di Proyek Ruas Tol Kuala Tanjung – Parapat dan Tol Binjai – Pangkalan Brandan pada bulan Desember 2022.

“Melalui rangkaian HK Peduli, kami berharap manfaatnya dapat dirasakan utamanya untuk proses pembelajaran karena sumber daya manusia Indonesia harus senantiasa dibekali oleh berbagai pihak agar semakin maju lagi. Hal ini juga sejalan dengan tema penting HUT HK ke-62 yaitu Bergerak Lebih Cepat dengan Karya Terbaik,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan.

Selain kegiatan HK Peduli, sebelumnya juga telah diadakan Pekan Olahraga & Seni (Porseni) HK, lomba Anugerah Hutama dengan kategori Karya Jurnalistik yang dibuka untuk para pewarta yang ingin unjuk gigi terkait tulisan terbaiknya dan Karya Citra terkait karya fotografi, kegiatan Donor Darah dan masih banyak kegiatan lainnya. (rls/ikh)

  • Bagikan