Persija Menyerah Buru Mahkota Juara Usai Kalah 0-1 dari Persita

  • Bagikan

Pemain Persija saat melawan Persita Tangerang. --dokpersita--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANGERANG-- Perburuan untuk merebut juara Liga 1, kini makin mengerucut. Yah, sisa PSM Makassar dan Persib Bandung.

PSM Makassar di atas angin. Menyisakan 3 pertandingan, Tim Juku Eja sisa membutuhkan dua poin. Sementara Persib Bandung, dalam sisa pertandingannya harus memenangkan seluruh empat partai yang akan dilakoninya termasuk saat menjajal Persija Jakarta.

PSM Makassar kini telah mengoleksi 69 poin. Selisih 10 poin dari Persib Bandung yang telah mengantongi poin 59.

Persija sendiri baru mengumpulkan poin sebanyak 54. Jika Persija memenangkan semua partai sisanya, maka poin maksimal yang bisa didapatkan yakni 66 poin dari empat laga yang tersisa.

Yah, sejatinya Persija memenangkan partai saat melawan Persita Tangerang untuk tetap di jalur juara. Sayangnya, Persija Jakarta menelan kekalahan tipis 0-1 dari tuan rumah Persita Tangerang dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Selasa (28/3/2023) di Indomilk Arena.

Bermain tanpa banyak pemain kuncinya seperti Witan Sulaeman dan Riko Simanjuntak, Persija Jakarta mengandalkan pemain-pemain senior macam Andritany Ardhiyasa, Hanif Sjahbandi, hingga Maman Abdurrahman.

Sementara itu, Persita Tangerang bermain full team, mengandalkan Ramiro Ezequiel Fergonz di lini depan dan kekuatan Javlon Guseynov di lini pertahanan.

Guseynov menjadi mimpi buruk Persija Jakarta berkat golnya pada menit-menit akhir pertandingan. Macan Kemayoran pulang dengan tangan kosong.

Pada babak pertama kedudukan 0-0. Hanya saja pada babak kedua, saat masuknya Aji membuat pemain Persija lainnya lebih leluasa untuk membantu penyerangan, apalagi ketika Doll memasukkan Osvaldo Haay menit 72'.

Namun demikian, Persita Tangerang dengan seksama mengubah pola permainan. Menit 84', jika bukan karena kesigapan Andritany, gawang Persija mungkin sudah bobol.

Petaka terjadi menit 88'. Javlon Guseynov akhirnya sanggup mengubah papan skor menjadi 1-0 berkat golnya.

Skor 1-0 untuk kemenangan Persita bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

Kekalahan ini cukup menyakitkan bagi Persija Jakarta. Mereka yang tampil dengan skuad seadanya harus kebobolan ketika laga sudah berjalan 88 menit. 

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa sangat kecewa dengan laga ini. Ia pun memaklumi sikap Thomas Doll yang marah besar kepada para pemain Macan Kemayoran. 

"Selamat kepada Persita, kita bermain tidak bagus, Thomas Doll layak marah kepada tim hari ini," ujar Andritany dalam konferensi pers selepas laga. 

Andritany Ardhiyasa ditanya mengenai persiapan Persija menyambut laga akbar itu. Namun, sosok yang akrab disapa Bagol itu masih enggan berbicara banyak.

"Kita belum bisa bicara pertandingan melawan Persib, kita sangat kecewa dengan apa yang terjadi, biarkan tim pelatih melakukan evaluasi," tandasnya. 

Lebih lanjut, Andritany Ardhiyasa mengakui penampilannya kurang maksimal saat menghadapi Persita Tangerang. Eks kiper Timnas Indonesia itu pun menegaskan ingin terus mempebaiki diri.

"Saya juga tidak tahu harus bicara apa, saya juga harus memperbaiki performa saya ke depan. Itu sangat penting," tandasnya.

Secara statistik Andritany Ardhiyasa sebenarnya tampil apik di sepanjang musim. Ia hanya kebobolan 27 gol dari 29 laga. Total 11 clean sheets pun sudah dicatatkan Bagol di musim ini. (*/uce)

Susunan Pemain

Persita: Dhika Bayangkara, Javlon Guseynov, Andrean Benyamin Rindorindo, Muhammad Toha, Mario Jardel, Shin Yeong Bae, Norberto Ezequiel Vidal, Rifky Dwi Septiawan, Fahreza Sudin, Ramiro Ezequiel Fergonzi, Sirvi arvani

Persija: Andritany Ardhiyasa, Dandi Maulana, Maman Abdurahman, Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, Hanif Sjahbandi, Resky Fandi Witriawan, Alfriyanto Nico Saputro, Osvaldo Haay, Michael Krmencik

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1

PER 29 MARET 2023

  • Bagikan